oleh

PPDP Ujung Tombak Validasi Data Pemilih

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas segera melakukan verifikasi daftar pemilih menghadapi Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) pada 27 Juni mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas, Ach Zaein mengatakan kalau pihaknya tengah melakukan perekrutan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP), yang bertugas untuk memutahirkan data pemilih mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018.

“Perekrutan itu dilakukan oleh PPS (Petugas Pemungutan Suara, red), dengan jumlah satu orang per TPS,” kata Ach Zain, Sabtu (7/1).

Menurut Ach Zaein, nantinya petugas PPDP bertugas untuk memastikan data pemilih yang belum terdaftar, maupun sudah terdaftar tapi ada proses pembetulan. Termasuk yang tidak memenuhi syarat, seperti telah meninggal dunia, pindah domisili, TNI/Polri, hingga belum berusia 17 tahun.

“PPDP harus memastikan para pemilih yang telah memenuhi syarat dan tidak. Setelah itu, data yang masuk akan dilakukan perekapan, dilakukan pleno terbuka dan akan ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara (DPS),”jelasnya.

Jadi, dilanjutkan Ach Zaein tugas PPDP sangat berat dan mengemban misi yang sangat penting, yakni melayani hak konstitusi warga negara dalam menggunakan hak pilihnya.

“Tugas PPDP cukup berat dalam memutakhirkan data pemilih, karena mendatangi setiap rumah warga, guna memastikan hak konstitusi setiap warga negara. Sebab, memang mereka yang memastikan siapa-siapa saja yang bakal jadi pemilih,” jelasnya.

Maka masih dikatakan Ach Zaein, sebelum melaksanakan tugasnya PPDP akan dibekali tata cara Pencocokan dan Penelitian (Coklit), dengan memberikan bimbingan teknis kepada mereka. Selain itu, PPDP juga akan dibekali dengan berbagai perangkat kerja, maupun buku panduan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugasnya, supaya tidak ada satu pun masyarakat yang kehilangan hak pilihnya.

Terpisah, ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Muara Lakitan, Husni Thamrin mengatakan kalau pihaknya telah menginstruksikan PPS untuk merekrut PPDP, dan saat ini nama-nama calon PPDP telah masuk, tinggal penetapan lagi.

“Semoga semuanya berjalan lancar, sesuai dengan yang sudah direncanakan,” harapnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita