oleh

PPDB Online Cegah Siswa Titipan

LINGGAU POS ONLINE, PELITA JAYA – Tahun Ajaran 2018/2019 ini, SMA Negeri 1 Lubuklinggau kembali mengadakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online. Kepala SMAN 1 Lubuklinggau, Zulkarnain meyakini cara ini sangat efektif untuk mencegah adanya siswa titipan.

“Seluruh siswa yang mau ikut seleksi PPDB SMAN 1 Lubuklinggau wajib daftar jalur online ke www.sman1lubuklinggau.sch.id mulai tanggal 25 Juni 2018 pukul 00.01 WIB, sampai 28 Juni 2018. Jadi tidak ada pendaftaran sistem offline. Saat mendaftar online inilah, peserta dapat nomor tes tertulis,” terang Zulkarnain, didampingi Waka Kesiswaan, Suparno, Selasa (19/6).

Setelah itu, kata Zulkarnain, pada Jumat, 29 Juni 2018 akan dilakukan verifikasi berkas, sesuai dengan syarat pendaftar wajib menyerahkan SKHU sementara asli ke sekolah.

Lalu bagaimana dengan pendaftar dari luar rayon SMAN 1 Lubuklinggau?

Kalau dari luar rayon, Suparno menambahkan, setiap calon siswa harus mengantongi surat rekomendasi dari kepala SMP/MTs, dan memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) minimal 8,0 atau 80.

“Ketika dua syarat tadi sudah terpenuhi, calon siswa bisa daftar online. Tapi kalau tidak terpenuhi, tidak bisa melanjutkan proses input data secara online. Itu sudah otomatis,” terangnya.

Tahun ini, SMAN 1 Lubuklinggau menyiapkan 10 lokal untuk siswa baru. Satu lokal telah diisi oleh 36 siswa-siswi dari jalur prestasi akademik.

“Tinggal 9 lokal lagi, kuotanya 36 orang per lokal,” jelasnya.

Setelah pendaftaran 25-28 Juni 2018, dan verifikasi 29 Juni 2018, 30 Juni 2018 dilanjutkan dengan tes tertulis mata pelajaran yang di-UN-kan, yakni Bahasa Inggris, Matematika dan mata pelajaran IPA atau IPS sesuai jurusan.

Suparno memastikan tidak ada psikotes. Dan pengumuman dilakukan 7 Juli 2018.

“Nah, masa registrasi ulang bagi siswa yang dinyatakan diterima 9 -11 Juli 2018,” jelasnya.

*** Jangan Tergiur Tawaran Oknum

Suparno menegaskan, kepada orang tua diharap tidak mudah percaya, jika ada oknum yang mengaku-ngaku bisa menjamin anaknya masuk ke SMAN 1 Lubuklinggau.

“System PPDB SMAN 1 Lubuklinggau itu online. Insya Allah ini efektif untuk mencegah adanya siswa titipan,” terangnya.

Intinya, tambah Suparno, kesempatan untuk masuk SMAN 1 Lubuklinggau luas. Kuotanya pun banyak, jadi ia meminta calon siswa mempersiapkan dengan baik agar bisa mencapai nilai terbaik sesuai tes. (02)

Rekomendasi Berita