oleh

Potongan Arca Peninggalan Abad 10 Masehi di Bingin Jungut

LINGGAUPOS.CO.ID – Potongan Arca ditemukan oleh warga Desa Bingin Jungut Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas, yang diperkirakan berasal dari peninggalan abad ke 9 – 10 masehi.

Seperti diketahui warga Bingin Jungut, selama tiga hari berturut-turut menemukan potongan batu yang diperkirakan merupakan potongan arca saat sedang melakukan penggalian tanah di area perkebunan karet di Dusun 4 Desa Bingin Jungut.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Kabupaten Mura, Hamam Santoso mengatakan, “Desa Bingin Jungut memang merupakan wilayah bersejarah,” katanya, Jumat (5/3/2021).

Ia menambahkan, Bingin Jungut dahulunya kawasan tersebut merupakan pusat peribadatan dan perdagangan pada masa kerajaan dimana sebelumnya juga pernah ditemukan Arca Buda dan Arca Awalokiteswara yang saat ini keberadaan benda bersejarah tersebut berada di Museum Nasional Jakarta.

Berdasarkan hasil analisis Tim arkeologi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi benda bersejarah yang ada di Desa Bingin Jungut tersebut di perkirakan peninggalan abad 9 -10 Masehi.

Untuk menindaklanjuti penemuan potongan benda bersejarah tersebut pihaknya bersama Wakil Bupati (Wabup) Musi Rawas di jadwalkan akan ke Desa Bingin Jungut.

“Hari ini usai Jumat kami dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan mendampingi Wabup Mura untuk meninjau langsung ke lokasi penemuan potongan benda bersejarah tersebut di Desa Bingin Jungut,” tutupnya.

Merujuk pada keterangan yang dipublikasikan Direktorat Pelindungan Kebudayaan mengenai Situs Bersejarah di Desa Bingin Jungut diketahui bahwa Candi Bingin Jungut letaknya di sisi sebelah timur Sungai Musi pada sebidang tanah datar.

Situs Bingin Jungut letaknya di sisi sebelah timur Sungai Musi di Desa Bingin Jungut, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.(*)

Rekomendasi Berita