oleh

Potensi Hujan Hari ini dan Saat Maulid Nabi Muhammad SAW

LINGGAU POS ONLINE – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel memprakirakan hari ini hujan akan turun di beberapa wilayah di Sumsel, termasuk di Bumi Silampari (Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara.

Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Meteoroligi SMB II Palembang Bambang Beny Setiaji kepada linggaupos.co.id dalam rilisnya menjelaskan, har ini ada potensi hujan pada siang hari di Lahat, Pagaralam dan Muratara.

Kemudian pada malam hari potensi hujan disertai petir di wilayah Muara Enim, PALI, Musi Rawas dan Musi Banyuasin, serta  potensi hujan lokal di wilayah Empat Lawang dan Muratara.

Sementara dinihari, diprakirakan ada potensi hujan disertai petir di Lubuklinggau, Musi Rawas, Muratara dan Musi Banyuasin. Serta potensi hujan lokal di wilayah Empat Lawang dan, Muara Enim dan PALI.

Selain itu, Bambang juga menginformasikan, pada Sabtu (9/11/2019) bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW sampai dengan Senin (11/11/2019), ada adanya peningkatan intensitas hujan di wilayah Sumsel.

“Peningkatan itensitas hujan ini, seiring melemahnya Badai Tropis Halong dan masuknya massa udara dari Laut Cina Selatan yang memiliki kelembaban udara dan pasokan uap air yang baik untuk pertumbuhan awan hujan,” jelasnya.

Namun, ia menambahkan kondisi ini bersifat sementara (fluktuaktif) hingga aktifnya Monsoon Cina selatan (Muson Barat) diiringi munculnya pusat tekanan rendah di belahan bumi selatan (Australia) yang merupakan indikasi Musim Hujan di wilayah Sumsel.

Bambang juga menambahkan, pada siang hari udara akan terasa lebih terik,  dengan temperature maksimum 35°C karena posisi matahari berada di sekitar ekuator (khatulistiwa). “Kami imbai, jangan melakukan pembakaran baik itu sampah rumah tangga maupun dalam pembukaan lahan pertanian/perkebunan,” tambahnya.(*)

Rekomendasi Berita