oleh

Posyandu Sekaligus Penyuluhan Kelas Ibu Hamil

LINNGAU POS ONLINE BELALAU I – Kelurahan Belalau I Kecamatan Lubuklinggau Utara I, kembali melaksanakan kegiatan rutin posyandu mereka. Baik Posyandu Balita hingga Posyandu Lanjut Usia (Lansia), Kamis (4/7).

Kegiatan rutin ini menindaklanjuti program dari Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Lubuklinggau yang dibantu Puskesmas Petanang dan Kader Posyandu Kelurahan Belalau I. Tidak hanya posyandu, dilakukan juga penyuluhan tentang Kelas Ibu Hamil.

Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia ini diikuti warga Kelurahan Belalau I dari pukul 09.00 WIB sampai selesai, di Posyandu Teratai Kelurahan Belalau I, Kecamatan Lubuklinggau Utara I.

Ketua Kader Posyandu Teratai, Rohima Mustika Dewi mengatakan kegiatan yang dilakukan anggota Puskesmas Petanang dan kader Posyandu Kelurahan Belalui I merupakan kegiatan rutin setiap bulannya yang berguna untuk memantau tumbuh kembang anak dari bayi umur 0 sampai 12 bulan, balita umur 0 sampai 5 tahun, dan pemeriksaan Posyandu Lansia.

“Selain itu juga petugas dari Posyandu Puskesmas Petanang, Suryaningsih dan kawan-kawan juga memberikan penyuluhan pada kelas ibu hamil. Kelas ibu hamil merupakan kelompok belajar ibu-ibu hamil, dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai 36 minggu menjelang persalinan,” jelasnya.

Tujuan kelas ibu hamil untuk meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir dan akta kelahiran.

“Di kelas ini, ibu hamil mendapatkan informasi dan saling sharing mengenai kehamilan, persalinan, nifas serta perawatan bayi baru lahir. Kelas ibu hamil dianjurkan paling sedikit 4 kali pertemuan, sebaiknya 1 kali pertemuan bersama suami/keluarga,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menjelaskan mengenai tanda-tanda kehamilan pada wanita, tanda bahaya kehamilan, dan pentingnya Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK) pada bayi baru lahir.(adi)

Rekomendasi Berita