oleh

Posyandu Sekaligus Penyuluhan ASI Eksklusif

LINGGAU POS ONLINE – Kader Posyandu Kelurahan Batu Urip bekerja sama dengan Puskesmas Megang, kembali melaksanakan posyandu bulanan. Posyandu kali ini, disertai dengan penyuluhan mengenai Air Susu Ibu (ASI) eksklusif. Posyandu dilaksanakan di Posyandu Asoka 5 atau di rumah Ketua RT 01 Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Rabu (12/6).

Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia ini diikuti warga Kelurahan Batu Urip dari pukul 09.00 WIB sampai selesai. Ketua Kader Posyandu Asoka 5, Maryama mengatakan kegiatan yang dilaksanakan Puskesmas Megang dan Kader Posyandu Kelurahan Batu Urip ini rutin dilakukan setiap bulannya, yang berguna untuk memantau tumbuh kembang anak dari bayi umur 0 sampai 12 bulan, balita umur 0 sampai 5 tahun, dan Posyandu lansia.

Selain itu juga petugas posyandu dari Puskemas Megang sekaligus memberikan penyuluhan mengenai Program Kesehatan Masyarakat (Promkes) dan tentang ASI eksklusif oleh Harmonedi dan kawan-kawan. Hal ini lantaran ASI sangat berperan penting untuk kekebalan tubuh anak, karena mengandung Zat Kolostrum, yang tidak dapat diproduksi selain ASI.

“Manfaat pemberian ASI dari ibu untuk bayi, yakni daya tahan tubuh bayi menjadi kuat, memperat kasih sayang terhadap ibu, kecerdasan otak, dan hemat, murah dan praktis. Kebanyakan ibu-ibu tidak memberikan ASI kepada bayinya diakibatkan, kurangnya pengetahuan tentang ASI eksklusif, faktor ekonomi, kurangnya kepercayaan tentang ASI eksklusif dan gencarnya promosi susu formula,” jelasnya.

Menurutnya bayi yang menggunakan ASI dengan susu formula itu sangat beda, bagi bayi menggunakan ASI berat badan tidak melebihi berat normal, badanya gempal/berisi, dan jarang terserang penyakit sedangkan bayi yang menggunakan susu formula yakni kurangnya higienitas atau kebersihan cara membuat susu formula tersebut, kelebihan berat badan karena badannya lembek dan tidak padat. Ia menyarankan kepada pemerintah, mengenai pemberian sanksi terhadap petugas kesehatan yang mempromosikan susu formula pada orang tua. (adi)

Rekomendasi Berita