oleh

Positif Covid-19 Sumsel Jadi 12, Keluarga Pasien 01 yang Meninggal Dunia

-Sumsel-1.140 dibaca

LINGGAUPOS.CO.ID – Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumsel kembali bertambah. Berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk Provinsi Sumsel bertambah satu pasien per sore ini. Sehingga dengan demikian total positif Covid-19 di Sumsel menjadi 12 orang.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumsel, Yusri menjelaskan, pasien ke-12 ini terjangkit virus saat melakukan perjalanan ke daerah pandemi Covid-19. Dia merupakan seorang perempuan berusia 52 tahun dan keluarga dari pasien 01 asal Palembang yang sudah meninggal pada 23 Maret lalu.

“Saat ini pasien dalam pengawasan dan diisolasi di RS Mohammad Hoesin Palembang. Kondisinya baik dan tidak dipasang infus,” terang Yusri, Jumat (3/4/2020).

Ditambahkan Yusri, meskipun pasien 12 memiliki hubungan keluarga dengan pasien 01, namun kasusnya bukan transmisi lokal. Pasalnya, pasien 12 ini juga melakukan perjalanan ke Jakarta, namun pasien 01 pulang terlebih dahulu ke Palembang.

“Dan belum lama ini pasien 12 pulang ke Palembang dan dinyatakan positif juga. Karenanya kami klasifikasikan ini kasus impor,” tegas Yusri.

Diakuinya, meski sudah ada beberapa pasien yang dinyatakan positif, namun sampai saat ini Palembang masih masuk zona kuning. Hal itu karena belum ada penularan virus corona dengan transmisi lokal.

“Semua orang dekat dan yang kontak dengan pasien 01 sudah kita periksa dan tangani. Kunci penetapan zona merah atau kuning adalah pada orang-orang yang kontak langsung. Jika ada penularan dengan transmisi lokal, maka akan langsung menjadi zona merah,” pungkasnya.(*)

Sumber: sumeks.co

Rekomendasi Berita