oleh

Porprov XI, Lubuklinggau Target Masuk Lima Besar

LINGGAU POS ONLINE, PALEMBANG – Sedikitnya ada 4.900 peserta dari 17 kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Selatan mengikuti event tahunan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI di Palembang.

Perhelatan akbar ini berlangsung selama satu minggu, 19 – 26 November 2017. Seyogyanya, tahun ini yang menjadi tuan rumah adalah Kabupaten Muara Enim, namun karena sesuatu alasan, maka pelaksanaan diserahkan kepada KONI Provinsi Sumatera Selatan, dan KONI memilih Palembang untuk menjadi tuan rumah.

Porprov XI ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin. Dihadiri Walikota dan Bupati se-Sumsel. Termasuk salah satunya Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe. Juga ada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) se-Provinsi Sumsel, termasuk Kadispora Lubuklinggau H Surya Darma.

Kadispora Provinsi Sumsel, Ahmad Yusup Wibowo mengatakan bahwa ada 25 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porprov XI ini. Dua diantaranya yaitu cabang olahraga tinju dan bermotor dilaksanakan di Lahat.

“Lebih kurang ada 4.900 peserta yang datang ke Palembang untuk bertanding. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan kita yang bertujuan untuk menjaga sportifitas,”kata Ahmad.

Menurut Ahmad, dalam event ini peserta memperebutkan 2.800 medali. Dimana seluruh pembiayaan pertandingan didanai oleh dana hibah Provinsi Sumsel serta para sponsor.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan bahwa warga Sumsel patut bangga karena saat ini memiliki venue yang berskala internasional. Bahkan, lanjut Alex tidak lama lagi Palembang akan dijadikan lokasi tempat perhelatan Asian Games yang mendatangkan atlet dari 45 negara di dunia.

“Kita patut bangga karena keberhasilan Sumsel saat ini. Memiliki berbagai venue yang sudah standar internasional. Kita memiliki venue yang terintegrasi ditengah-tengah kota. Kolam renang kita merupakan kolam renang terbaik di Asia, bahkan venue dayung terbaik di dunia. Tidak banyak tempat berolahraga seperti di Palembang ini. Makanya mari kita terus menyemarakkan olahraga ini, sebagai bentuk untuk memperkuat tali persaudaraan kita,”ungkap Alex.

Oleh karena itu, ia berpesan kepada seluruh peserta supaya bisa bertanding secara jujur, kemudian tidak boleh ribut, dan bersaing sportif.

Sementara Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe sebelum bertolak ke Palembang, sempat menyatakan ia mengaharpkan doa dari masyarakat Kota Lubuklinggau untuk atlet kota ini yang tengah bertanding di Porprov XI tersebut.

“Kita bangga pernah jadi tuan rumah Porprov. Lubuklinggau satu-satunya kota yang pernah dipercaya menjadi tuan rumah even besar ini. Dan target kita minimal masuk lima besar,” tegas H SN Prana Putra Sohe, ketika menghadiri dan membuka acara Seminar Kiat Lulus SNMPTN di Gedung Kesenian, kemarin.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dispora Lubuklinggau, H Surya Darma.

“Iya, kita targetkan masuk lima besar, kita dari Dispora sangat mensupport sekali dengan kegiatan ini. Karena seluruh pejabat eselon dua, walikota, Kapolres, Dandim semuanya datang untuk memberikan support kepada atlet kita,”ungkapnya.

Maka dari itu, Surya Darma meminta kepada atlet untuk terus semangat dalam meraih medali. Sehingga Lubuklinggau bisa unggul dalam pertandingan ini.

“Target kita lima besar, saya yakin itu bisa dicapai oleh para atlet,”tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita