oleh

Ponpes Al-Madani Apel Tahunan

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Madani Kota Lubuklinggau, adakan apel tahunan, Senin (20/8). Apel perdana itu jadi pertemuan seluruh santri, guru, pimpinan Ponpes serta tokoh masyarakat.

Pimpinan Ponpes Al-Madani, Ustadz Arpan mengatakan apel tahunan ini masuk dalam rangkaian kegiatan awal tahun ajaran yang ke depan akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

Dalam apel tahunan, seluruh santri dibagi per wilayah masing-masing. Kemarin ada lima kelompok atau konsulat, yakni Konsulat Lubuklinggau, Musi Rawas, Muratara, Rejang Lebong serta Konsulat gabungan (Dari Muba, Jambi, Empat Lawang, Pagar Alam hingga Bandung).

Sebelum apel, seluruh santri berdasarkan konsulat masing-masing melakukan pawai dengan rute halaman Ponpes Al-Madani menuju Stadion Mini Perbakin lalu kembali ke Al-Madani.

Dilanjutkan dengan pemeriksaan konsulat oleh pimpinan Ponpes, dan rangkaian acara resepsi apel tahunan lainnya seperti pembacaan Alquran, menyanyikan lagu Hymne ‘Pondok Ku’ serta sambutan dari perwakilan camat, tokoh masyarakat dan Pimpinan Ponpes Al-Madani.

“Perwakilan Camat dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan di Ponpes kita, dan berkomitmen siap mendukung agar Ponpes kita tetap eksis. Begitu juga sambutan dari tokoh masyarakat di Kelurahan RT 01 Kelurahan Kayu Ara, Hasan Basri yang mengaku dengan hadirnya Ponpes Al-Madani Kelurahan Kayu Ara menjadi terkenal,” jelas Arpan.

Sementara dalam sambutannya, Ust Arpan menjelaskan, apel tahunan sengaja dilaksanakan untuk mengenalkan antar santri berdasarkan asal daerahnya, serta mengenalkan santri ke masyarakat melalui pawai.

“Serta terakhir, sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT karena Ponpes kita semakin eksis,” ungkapnya.

Tahun 2018 ini, pihaknya memiliki program unggulan untuk setiap santri minimal hafal satu juz Alquran dalam satu tahun. Selain itu kegiatan belajar mengajar yang rutin tetap, dari pukul 07.15 hingga pukul 15.00 WIB. Dilanjutkan kegiatan santri seperti mengaji, menghafal Alquran, kajian kitab dan kegiatan olahraga.

Setiap bulan ada ‘jelajah alam’ yang dikoordinir Organisasi Santri Al-Madani (Orsama), mereka yang mengelola dibawah Hidaroh Ma’had, tahun ini diketuai Ustad Andi Kusendang Kohar selaku Koordinator Harian (Kohar).

“Kita juga tidak hentinya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot dan masyarakat yang terus membantu dan mendukung Ponpes Al-Madani, Kemenag yang membantu kemadrasahannya, lalu para tokoh masyarakat, anggota DPRD dan donatur yang rutin membantu kita. Alhamdulilah Ponpes Al-Madani memasuki fase enam tahun kedua, dimana kita fokus untuk membenahi sistem, terutama kualitas santri dan manajemen,” tambahnya. (13)

Rekomendasi Berita