oleh

Polres Musi Rawas Siapkan Pos Pengamanan dan Pelayanan

-Hukum, Musi Rawas-467 dibaca

LINGGAU POS ONLINE – Polres Musi Rawas (Mura) menyiapkan dua pos pengamanan dan satu pelayanan dalam rangka Operasi Ketupat selama mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Ketiga pos tersebut terletak di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kecamatan Muara Kelingi, Jalinsum Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Mura dan Jalan Lintas Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

“Penempatan pos pengamanan ini masih sama seperti lebaran pada tahun sebelumnya, yang merupakan perlintasan pengendaranya banyak, karena merupakan Jalinsum yang banyak dilalui pemudik,” jelas Kapolres Mura, AKBP Suhendro, SIK melalui Kabag Ops Polres Mura Kompol Handoko Sanjaya, SIK saat dikonfirmasi setelah rapat pertemuan persiapan Operasi Ketupat Lebaran 2019 di Gedung Pesat Gatra Polres Mura, Selasa (21/5).

Ia mengatakan, pilihan tempat pos pengamanan itu juga berdasarkan keputusan bersama hasil dari rapat bersama yang melibatkan TNI, pemerintah daerah serta instansi vertikal terkait.

“Selain pos pengamanan dan pelayanan, kami juga menyiagakan pasukan gabungan yang terdiri dari Polri, Brimob, TNI dan Sat Pol PP Mura dan Muratara untuk siaga selama arus mudik lebaran,” jelasnya.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa titik yang dipetakan merupakan wilayah rawan baik itu kecelakaan atau kriminalitas yang sering terjadi dalam wilayah hukumnya tersebut.

Untuk wilayah rawan kecelakaan Polres Mura, menyiapkan dua pos pengamanan dan satu pos pelayanan dalam rangka Operasi Ketupat selama mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa titik yang dipetakan merupakan wilayah rawan baik itu kecelakaan atau kriminalitas yang sering terjadi dalam wilayah hukumnya tersebut.

Untuk wilayah rawan kecelakaan diantaranya Kecamatan Tuah Negeri dan Kecamatan Muara Kelingi. Sementara wilayah seperti Kecamatan Rupit dan Kecamatan Rawas Ulu dipetakan sebagai rawan kriminalitas

“Kami membagi dua titik rawan dalam perjalanan mudik lebaran nanti, yaitu rawan kecelakaan dan rawan perampokan maupun penodongan. Untuk itu, kami telah siapkan dua Pospam dan satu Posyan serta personel, baik dari Polri, TNI dan Sat Pol PP,” kata Handoko.

Arus mudik lebaran di wilayah Mura diprediksi akan dipadati kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, sekitar tiga hari menjelang lebaran Idul Fitri atau H-3 hingga beberapa hari setelah lebaran.

Sedangkan untuk tempat objek wisata disiapkan tiga pos pantau yang letaknya di objek wisata Danau Aur, Pos Pantau Pondok Hijau dan Pos Pantau Objek Wisata Danau Gegas Kecamatan Sukakarya Kabupaten Mura.

Polres Mura ingin mewujudkan kelancaran, keselamatan, bagi masyarakat yang merayakan Idul Fitri agar bebas dari gangguan kriminal dan gangguan keamanan.

Pengamanan tahun 2018 dinilai berhasil semoga tahun ini 2019 juga bisa terwujud.

“Hal yang perlu kita lakukan adalah mendirikan Pospam dan Posyan untuk dapat mengantisipasi kendala-kendala saat arus- mudik dan balik. Demikian juga akan di-back up Brimob yang akan diletakkan di Pospam yang letaknya di Jalinsum Kabupaten Muratara,” jelas Kabag Ops. (dlt)

Rekomendasi Berita