oleh

Politisi Partai Demokrat Segera di-PAW

“…Kesimpulan dari tim verifikasi, proses PAW dinyatakan lengkap dan berkas akan diantar langsung ke Gubernur Sumsel melalui Otda…”

Kabid Politik Kesbangpol Mura, Priono

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Hj Desriniyati, legislator Partai Demokrat yang loncat ke Partai NasDem akan segera dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW). Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) melalui Kesbangpol, sudah melakukan verifikasi.

Hasil dari verifikasi yang melibatkan KPU Mura dan Sekretariat DPRD Mura, berkas pengajuan PAW yang dilayangkan Partai Demokrat dinyatakan lengkap, maka berkas tersebut akan segera diteruskan ke Gubernur Sumsel melalui Otda. Demikian disampaikan, Kepala Kesbangpol Mura, Amran Marsuli melalui Kabid Politik, Priono, Jumat (5/10).

Menurut Priono, proses PAW terhadap Hj Desriniyati ke Yon Sobri sesuai dengan Pasal 99 Peraturan Pemerintah (PP) No. 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota. PAW dilakukan karena pindah dari Parpol yang mengusungnya pada periode 2014-2019.

Selain itu, proses PAW juga mengacu pada surat Mendagri No. 160/6324/OTDA yang ditujukan kepada Gubernur dan Pimpinan DPRD Provinsi, Bupati/Walikota dan pimpinan DPRD Kabupaten/Kota, dijelaskan apabila ada legislator yang pindah Parpol dilakukan PAW.

Selanjutnya mengacu pada Undang-Undang (UU) No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 139 ayat (2) huruf i, dan pasal 193 ayat (2) huruf i, dinyatakan Anggota DPRD yang nyaleg bukan dari Parpol terakhirnya, dilakukan PAW. Kemudian, mengacu pada PP No.12 Tahun 2018 yang merupakan perubahan dari PP No.16 Tahun 2010 tentang Penyusunan Tata Tertib DPRD, dijelaskan dalam Pasal 99 ayat (3) pada pasal 99, huruf i menegaskan bahwa anggota DPRD dilakukan PAW.

Kemudian , dalam PKPU No. 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Sudah dijelaskan dalam Pasal 7 ayat (1) huruf t, menyatakan bahwa bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota adalah warga negara Indonesia dan harus memenuhi syarat. Salah satu syaratnya adalah mengundurkan diri sebagai anggota DPRD bagi yang kembali maju dengan bantuan yang berbeda.

“Kesimpulan dari tim verifikasi, proses PAW dinyatakan lengkap dan berkas akan diantar langsung ke Gubernur Sumsel melalui Otda,”katanya.

Menurut Priono, bila mengacu aturan proses PAW paling lama tujuh hari sudah diproses Bupati, dan 14 hari di Otda menunggu petunjuk dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), berdasarkan PP No.18 Tahun 2018.

“Tapi, kita tidak bisa memastikan berapa lama proses PAW akan dilaksanakan,” jelasnya. (aku)

Rekomendasi Berita