oleh

Polisi Usut Salah Input Hasil Antigen Pria yang Mengamuk di Bandara SMB II Palembang

LINGGAUPOS.CO.ID – Buntut dari video aksi seorang calon penumpang yang mengetahui hasil swab antigennya positif oleh petugas pemeriksaan kesehatan di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB )II Palembang, pihak kepolisian akan menurunkan tim investigasi.

Tim akan mencari tahu dan mengusut dugaan salah input hasil pemeriksaa antigen seorang calon penumpang yang marah dan  viral sejak Minggu (30/5/2021) di media sosial tersebut.

“Investigasi akan dilakukan untuk mengusut apakah telah terjadi kesalahan dalam penginputan data atau kesalahan justru terjadi pada saat pemeriksaan antigen itu berlangsung,” kata Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Drs Supriadi MM, Senin (31/5/2021) kepada awak media.

Supriadi menegaskan, dengan adanya permasalahan tersebut, pihaknya khususnya Polrestabes Palembang akan melakukan investigasi di Bandara SMB II.

“Karena terjadi di wilayahnya, tentu akan melakukan investigasi ke tempat yang bersangkutan dalam hal ini Bandara SMB II Palembang,” ungkapnya.

Dan jika hasil investigasi menunjukkan adanya unsur tindak pidana, maka tidak menutup kemungkinan pelaku akan dijerat sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Kita berharap kejadian seperti di Bandara Kualanamu Sumut, tidak terjadi di Sumsel. Tetapi jika nanti hasil investigasi menunjukkan adanya unsur pidana, maka jelas akan kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku. Seperti yang dilakukan oleh Polda Sumut,” tutupnya.

Seperti diketahui, dalam video berdurasi selama 3,09 detik tersebut diunggah oleh salah satu akun Facebook. Tampak pria berkacamata mengenakan baju warna biru tampak mendatangi petugas kesehatan yang ada di ruang pemeriksaan kesehatan SMB II Palembang.

Pria itu langsung mengeluarkan hasil tes swab anitgen yang menyatakan kalau dirinya positif Covid-19. seorang petugas perempaun yang ditemui langsung terkejut dan kebingungan.

Dan pria itu langsung mengeluarkan seluruh hasil pemeriksaan swab antigen yang sudah dibawanya yang menyatakan negatif.

Sementara itu, EGM of Bandara SMB II, KRAT Tommy Ariesdianto menyikapi kejadian tersebut. Dirinya menyatakan, bahwa PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara SMB II Palembang, langsung melakukan konfirmasi kepada Pihak Farmalab dan Customer yang melakukan pemeriksaan Antigen di Farmalab.

Dari hasil konfirmasi bahwa terdapat kesalahan penginputan hasil Antigen oleh petugas Farmalab, dan pada saat itu terdapat sistem jaringan tidak stabil.

Pihak Manajemen Farmalab juga sudah menghubungi customer untuk meminta maaf atas kejadian tersebut, dan pihak customer juga sudah memaafkan atas kejadian human error tersebut. Pihak Customer berharap hal ini tidak diviralkan.

“Saya juga sudah melakukan komunikasi langsung dengan Pihak Customer meminta maaf atas kejadian ini, dan akan menindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk saat ini petugas Farmalab di Non aktifkan untuk kepentingan investigasi dan evaluasi atas pelayanan Farmalab,” terang Tommy dalam keterangan resminya Senin (31/5/2021).

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengecek kembali atau melakukan konfirmasi hasil swab antigen yang positif kepada petugas. “Dan apabila benar benar hasilnya positif akan diminta melakukan pemeriksaan PCR sesuai ketentuan yang berlaku,” tutupnya.(sumeks.co)

Tonton videonya di link di bawah ini

Rekomendasi Berita