oleh

Polisi Terima Tiga Senpira

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Polsek Rupit menerima penyerahan tiga Senjata Api Rakitan (Senpira) laras panjang jenis kecepek dari Kepala Desa (Kades) Batu Gajah Lama, Habib Dimyati. Penyerahan Senpira dilakukan di Kantor Balai Desa Batu Gajah Lama, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas (Mura) pukul 11.55 WIB, Rabu (16/5).

Kapolres Mura, AKBP Bayu Dewantoro melalui Kapolsek Rupit, AKP Yulfikri mengatakan tiga Senpira yang diserahkan ke petugas merupakan salah satu bentuk kesadaran warga telah mentaati hukum. Karena sudah jelas apabila ada warga yang menyimpan Senpira akan diproses secara hukum oleh petugas.

Sesuai Undang-Undang (UU) Darurat No. 12 Tahun 1951 tentang Kepemilikan Senjata Api Rakitan dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

“Alhamdulillah sedikit demi sedikit warga sudah mulai sadar, untuk menyerahkan Senpi ,” kata Yulfikri.

AKP Yulfikri menjelaskan, Senpira yang diserahkan oleh warga tanpa adanya paksaan dari petugas, murni keinginan dari pribadi warga melalui perpanjang tangan Kades.

Namun sebelumnya Bhabinkamtibmas melakukan sosialisasi ke wilayah hukum Polsek Rupit bagi yang menyimpan senpira untuk segera menyerahkan.

“Saya tegaskan, warga yang masih menyimpan senpira untuk segera menyerahkan kepetugas secara baik-baik. bagi mereka yang menyerahkan secara suka rela tidak akan diproses secara hukum,” tegas Yulfikari. (03)

Rekomendasi Berita