oleh

Polisi Salat Istisqa, BMKG Prediksi Hujan, Ternyata Hujan Beneran

LINGGAU POS ONLINE – Hari ini (Selasa, 27/8/2019) Polisi di Sumsel melaksanakan Salat Istisqa serentak, diantaranya dilakukan Polres Musi Rawas, Polres Lubuklinggau, Polsek Rawas Ilir, Polsek Nibung, Polsek Muara Beliti dan lainnya.

Pelaksanaan Salat Istisqa di Musi Rawas dilaksanakan Polres Musi Rawas dan jajaran Polsek, bersama Kodim 0406 MLM, perwakilan Forkominda dan seluruh elemen masyarakat. Dilaksanakan di halaman Mapolres Musi Rawas, dimulai pukul 09.00 WIB.

Hadir Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro dan Dandim 0406 MLM Letkol Inf M Aan Setiawan. Bertindak sbagai Imam/Khotib Ustadz Hendra, S.Pd.I.

Kapolres menuturkan, “Sholat Istisqo merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan akibat kemarau berkepanjangan yang terjadi di kabupaten Musi Rawas dan Musi Rawas Utara”.

“Selain dari berbagai upayah yang telah kami lakukan dilapangan untuk mencegah terjadinya karhutla. Jangan lupa dengan yang punya alam semesta, yang maha menurunkan hujan Allah SWT. Yaitu disini kami melakukan upaya dengan sholat dan berdo’a agar hujan segera diturunkan,” katanya.

SALAT ISTISQA-Pelaksanaan Salat Istisqa yang dilaksanakan di Polres Musi Rawas, Polres Lubuklinggau, Polsek Rawas Ilir, Polsek Nibung dan Polsek Muara Beliti, Selasa (27/8/2019)

Sementara itu di Polres Lubuklinggau, tampak Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono, pejabat Pemkot Lubuklinggau, TNI, Sat Brimob, Jamaah Linggau Cinta Sunnah dan personel Polres Lubuklinggau serta Bhayangkari.

Kapolres Lubuklinggau berharap, kegiatan yang disertai doa dapat diijabah oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk menurunkan hujan.

Sholat Istisqo berjamaah ini diimami oleh Ustadz Abu Muhsin Alumni Jamilurrahman Yogyakarta dilanjutkan dengan khutbah yang mengharap keridhoan Allah subhanahu wa ta’ala untuk dapat menurunkan hujan. Serta introspeksi diri pribadi masing-masing untuk bertaubat dan perbanyak beristighfar semoga kemarau panjang segera berlalu.

Sementara itu diinformasikan, Salat Istisqa yang dilaksanakan Polsek Nibung dilaksanakan di halaman kantor Polsek Nibung. Hadir Camat Nibung Gunadi, Kapolsek Nibung Iptu Denhar berserta anggota, Danpos Ramil Nibung,  Kades Sumber Makmur, Ketua Pengasuh Pengajian Nurul Iman KH Fadli dan perwakilan tokoh agama serta masyarakat.

Di Polsek Rawas Ilir dilaksanakan di halaman Mapolsek Rawas Ilir Desa Beringin Makmur II Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara. Hadir  Camat Rawas Ilir Heri Mantoni, Kapolsek Rawas Ilir Iptu Afrinaldi, Perwakilan Koramil Rawas Ilir, para kades dan perwakilan masyarakat.

Kemudian di Polsek Muara Beliti juga dilaksanakan di halaman Mapolsek Muara Beliti. Dihadiri Camat Muara Beliti, Kapolsek Muara Beliti, Kepala Desa dari Kecamatan Muara Beliti dan TP Kepungut, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat, serta seluruh Personil Polsek Muara Beliti.

Terpisah Kasi Data dan Informasi BMKG Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Bambang Beni Setiaji menjelaskan pihak sudah memprediksi hujan akan turun di Musi Rawas, Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara, Selasa (27/8/2019).

Perkiraan akan turun hujan  pada hari ini, dijelaskannya sudah diperkirakan sejak Kamis (22/8/2019). “Alhamdulillah hujan sudah kami perkirakan akan turun sejak Kamis lalu. Ternyata benar turun,” ia menjelaskan.(*)

Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita