oleh

Polisi Lumpuhkan Polisi Gadungan

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Setelah lama menjadi Target Operasi (TO) polisi, karena diduga terlibat kasus Pencurian Kendaraan Bermotor (Curamor) dan Pencurian dengan Pemberatan (Curat). Indra Jaya alias Doyok (30) akhirnya ditangkap.

Doyok yang dalam aksinya pernah mengaku sebagai polisi, merupakan warga Desa Simpang Beliti kecamatan Binduriang. Ia diamankan petugas gabungan Satreskrim dan Satnarkoba Polres Rejang Lebong, Sabtu (29/9) sekitar pukul 16.30 WIB di Dusun Kampung 8 Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Ordiva melalui Kasat Reskrim, AKP Jery Nainggolan dan Kasat Narkoba Iptu Sampson Sosa Hutapea dalam jumpa pers di Mapolres Rejang Lebong, Kamis (4/10) mengatakan tersangka Indra Jaya alias Doyok terkenal licin.

Makanya, penangkapan terhadap Doyok ini, juga dibantu jajaran Polsek Sindang Kelingi dan Polsek Padang Ulak Tanding (PUT).

Dijelaskan Kasat Narkoba, penangkapan terhadap Doyok bermula petugas mendapat informasi akan ada transaksi Sabu di Dusun Kampung 8 Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang.

Saat dilakukan penggerebekan, tersangka De sang pemilik rumah, berhasil kabur. Namun petugas berhasil membekuk Doyok yang kebetulan berada di dalam kamar. Bahkan, tersangka Indra sempat melakukan perlawanan dan mencabut Sajam.

Petugas pun melakukan tembakan peringatan dan berhasil melumpuhkan tersangka.

“Satu orang berhasil kabur melalui jendela belakang dan masih dalam pengejaran,” tegas Kasat.

Dari hasil penggeledahan, petugas mendapati sejumlah barang bukti berupa 5 paket sedang sabu, satu kantong besar plastik klip warna bening, 1 unit timbangan digital dan dua bong atau alat hisap.

“Tersangka diduga habis mengonsumsi sabu. Barang bukti sabu kita temukan di rak TV. Selain pemakai, tersangka Indra ini juga diduga juga merupakan pengedar,” paparnya.

Sementara itu, selain terlibat narkoba, tersangka Indra juga diketahui terlibat dalam sejumlah kasus pencurian kendaraan bermotor.

Tak hanya di wilayah hukum Polres Rejang Lebong, Indra juga merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) sejumlah Polres di Provinsi Bengkulu dan Provinsi tetangga.

“Indra ini merupakan DPO kasus pencurian kendaraan bermotor baik di Polres Rejang Lebong, Polres Kepahiang Polres Bengkulu dan Lubuklinggau,” tambah Kasat Reskrim KP Jery Nainggolan.

Dalam melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor di Kabupaten Kepahiang, tersangka diduga terlibat dalam 10 Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Untuk di Polres Rejang Lebong 13 TKP, di Lubuklinggau ada 5 TKP dan di kota Bengkulu ada 3 TKP, memang Indra sudah jadi DPO sejumlah Polres,” paparnya.

Dikatakan Kasat, Indra merupakan DPO lintas Provinsi dan antar Kabupaten, modusnya membobol rumah kosong, dan juga terlibat Curas.

“Dalam melakukan aksinya. Tersangka pernah dengan berpura-pura menjadi polisi,” tambahnya.

Dalam melakukan aksinya, Indra juga terkenal sadis dan tak segan-segan melukai korbannya.

“Saat beraksi gunakan kunci T, kemudian kunci magnet, mengancam dengan pisau, mereka melakukan aksinya juga dengan komplotan, tersangka lainnya masih dalam pengejaran,” tambahnya.(sam)

Rekomendasi Berita