oleh

Poktan Air Temam Dapatkan Penyuluhan

 Dari Dispang Provinsi Sumsel

AIR TEMAM – Kelompok Tani (Poktan) di Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I didatangi Dinas Ketahanan Pangan (Dispang) Kota Lubuklinggau dan Dispang Provinsi Sumsel. Kedatangan mereka, guna silaturahmi sekaligus memberikan penyuluhan tentang pertanian dalam ketersediaan pangan.

Kegiatan pembinaan sekaligus silaturahmi dimulai pukul 14.00 WIB tersebut, dilaksanakan di rumah Ketua Poktan Kelurahan Air Temam, P Sugito Tarono dan dihadiri Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dispang Provinsi Sumsel, Muslim dan rombongan. Dari Dispang Kota Lubuklinggau Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Lela dan rombongan serta Poktan di Kelurahan Air Temam.

Lurah Air Temam, Syamsul Azhari usai acara mengucapkan terima kasih kepada Dispang provinsi maupun Kota Lubuklinggau yang sengaja mendatangi Poktan di Kelurahan Air Temam untuk memberikan penyuluhan. Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan Poktan di wilayahnya lebih paham dan berdampak untuk menyejahterakan para petani. Selain itu, tentunya juga bisa memastikan pengendalian pangan supaya harga beras stabil dan tidak terjadi kelonjakan harga.

Mewakili Poktan di Kelurahan Air Temam, P Sugito Tarono juga mengucapkan terima kasih kepada tim dari Dispang yang sudah memberikan penyuluhan kepada mereka. Saat sesi tanya jawab, ia menjelaskan kalau masih banyaknya lahan kosong di blok 51 RT06 Kelurahan Air Temam seluas 26 hektar (ha). Untuk itu pihaknya mengusulkan bantuan, agar lahan tersebut dijadikan lahan pertanian.

“Karena sayang selama ini hanya menjadi ‘lahan tidur’,” ungkapnya.

Ia berharap usulan ini bisa direalisasikan pemerintah, sehingga ‘lahan tidur’ yang ada di Kelurahan Air Temam bisa digarap kembali.

“Tujuannya ya agar menambah ketersediaan pangan, serta membuka lapangan kerja baik petani dan buruh harian. Apalagi bagi petani karet, lantaran harga karet yang murah dan tidak seimbang dengan kebutuhan pokok. Dengan banyaknya cetak sawah, petani dan masyarakat bisa sejahtera,” tegasnya. (adi)

Rekomendasi Berita