oleh

Pohon Tumbang Ganggu Aliran Listrik

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Cuaca ekstrem hujan disertai angin kencang diprediksi masih terjadi di Kabupaten Rejang Lebong, dan sekitarnya membuat petugas PLN Rayon Curup harus bekerja ekstra.

Pasalnya, akibat angin kencang beberapa pohon tumbang dan mengenai aliran listrik. Aliran listrik yang terkena tumbangan pohon dipastikan menyebabkan gangguan aliran listrik di kawasan yang tertimpa pohon.

“Untuk pohon yang banyak tumbang cukup banyak. Sehingga mengganggu aliran listrik,” kata Kepala PLN Curup, Rafiko, Minggu (3/12).

Rafiko menyatakan titik-titik rawan gangguan tersebar di kecamatan Sindang dataran dan kecamatan Kota Padang.

“Ada juga yang ada di kawasan Kampung Melayu dan Surobali Kepahiang,” papar Rafiko.

Ia mengatakan menangani gangguan aliran listrik, petugas pelayanan teknik selalu standby.

“Mereka (Petugas) sudah ada SOP atau prosedur untuk mengatasi bila terjadi gangguan listrik. Ada juga petugas yang posisi OFF kita panggil untuk membantu mempercepat pemulihan gangguan,” paparnya.

Disarankan, warga yang berada di sekitar pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik untuk berhati-hati jika perlu menebang agar tidak terkena aliran listrik. Apalagi musim penghujan dan angin kencang dikhawatirkan pohon akan menimpa jaringan listrik yang bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, soal kondisi cuaca ekstrem di Kabupaten Rejang Lebong, Kepala BPBD Rejang Lebong Basuki menjelaskan, saat ini hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di kawasan Bengkulu termasuk Rejang Lebong.

“Kondisi hujan sedang dan lebat disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di Bengkulu, termasuk di beberapa kabupaten lain tak terkecuali Rejang Lebong,” katanya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita