oleh

Pohon Durian Banyak Mati

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Petani Durian di ‘Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati’ tidak bisa tersenyum lebar. Pasalnya jelang akhir tahun biasanya buah Durian banyak dijual warga.

Namun buah Durian di Kabupaten Empat Lawang tahun ini banyak tak berbuah.

“Banyak mati dan tidak ada buah, padahal pada November dan Desember 2017, biasanya musim Durian,” kata Edi, salah seorang pemilik kebun Durian di Tebing Tinggi, Jumat (8/12)

Dia berujar, tidak berbuahnya Durian akibat faktor cuaca saat ini angin kencang kerap terjadi.

“Kondisi cuaca sangat mempengaruhi, ditambah banyaknya monyet yang tiap malam memakan pucuk Durian,” katanya.

Padahal kata Edy, jika mendekati akhir tahun para perekonomian pemilik kebun Durian dan masyarakat sangat terbantu. “Apabila banyak buah Durian banyak masyarakat terbantu. Ada yang menjual dan ada juga yang mengambil upah tarik buah Durian,” tuturnya.

Di lain tempat, Sutisna, Ibu Rumah Tangga (IRT) di Tebing Tinggi mengaku tidak berbuahnya Durian membuat dirinya merasa ada yang kurang.

“Kalau tahun sebelumnya jelang akhir tahun Empat Lawang musim Durian, sayangnya tahun ini banyak tidak berbuah, padahal saya ingin makan Durian,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Hamdan membenarkan, tahun ini memang Durian banyak tidak berbuah.

“Banyak pohon Durian tidak berbuah akibat cuaca ekstrem melanda Empat Lawang, ditambah faktor lain,” jelasnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita