oleh

Pohon Beringin Tumbang Tutup Jalan

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Pohon Beringin ukuran besar tumbang, Selasa (11/9) sekitar pukul 10.00 WIB. Pohon Beringin yang berada di pintu gerbang masuk gedung SMKN I Rejang Lebong ini tumbang hingga menutup jalan.

Pantauan Linggau Pos, pohon Beringin tumbang diduga karena cuaca ekstrem berupa angin kencang yang berhembus di kawasan Kota Curup sejak pagi hari. Meski tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut namun pagar SMKN I Rejang Lebong mengalami rusak.

Tak hanya pagar SMKN I, namun pagar gedung Taman Kanak-Kanak (TK) swasta yang berada di seberang jalan persis di depan gerbang SMKN I Rejang Lebong tersebut mengalami kerusakan karena tertimpa batang dan ranting yang roboh.

Selain itu, kabel aliran listrik berada di pinggir jalan sekitar lokasi ikut tertimpa, sehingga aliran listrik di sejumlah tempat padam. Hingga pukul 12.00 WIB petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dibantu anggota TNI Polri dan petugas PLN membantu mengevakuasi pohon dengan cara memotong menggunakan perlengkapan.

“Tadi angin kencang, robohnya dari pangkal batang untung kondisi lalu lintas lagi sepi sehingga tidak ada yang tertimpa,” tutur Kepala BPBD Kabupaten Rejang Lebong, Basuki, dikonfirmasi di lokasi.

Menurutnya, tumbangnya pohon Beringin kemungkinan karena usia pohon sudah tua.

“Kita bersihkan pohon ini bersama DLH, TNI, Polri. Kita berharap cuaca yang mulai ekstrem ini bisa diwaspada pengguna jalan khususnya jalan-jalan yang banyak terdapat pohon besar,” harapnya.

Sementara itu, menurut keterangan warga sekitar Ani (35) saat pohon Beringin tumbang, memang kondisi jalan dengan sepi dan angin cukup kencang.

“Tadi waktu roboh mengenai kabel listrik sempat keluar percikan api, beruntung tidak lama kemudian banyak petugas datang,” katanya.

Pasca tumbangnya pohon yang menutup jalan, sambungnya, arus lalu lintas macet dan petugas dari kepolisian mengarahkan pengguna jalan untuk tidak melintasi kawasan itu hingga proses evakuasi pohon selesai. (sam)

Rekomendasi Berita