oleh

PMI Pastikan Stok Darah Aman

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Unit Teknis Daerah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) memastikan stok darah sejauh ini masih aman. Hal ini disampaikan oleh Ketua UTD PMI Cabang Lahat, H Hazairin Hanafiah, S.Sos, melalui Kepala Unit Transfusi Darah, dr Hj. Elly Sulastri, MARS sebagaimana disampaikan oleh Penanggung Jawab Administrasi, Gaya S. APTTD, SE, MM.

“Masih aman sejauh ini. Belum ada kekurangan,” terang Gaya, didampingi Staf Teknis Pelayanan, Novis Miati, Selasa (21/11).

Meskipun musim penghujan saat ini rentan pelbagai penyakit, namun sambungnya, tidak berdampak pada suplai darah. Hanya saja, diakui Gaya, saat ini permintaan akan darah meningkat 10 % dari biasanya.

“Terlebih banyak pasien korban tindak kriminalitas seperti pembacokan, yang memang membutuhkan banyak darah,” imbuhnya.

Untuk saat ini, dikatakan Gaya, golongan darah yang paling banyak dibutuhkan meliputi golongan darah B, AB dan O. Harga normal per kantongnya Rp 360.000. Sedangkan bagi pengguna BPJS Kesehatan, hanya dikenakan biaya Rp 160.000 per kantong darah.

“Biaya ini sudah kami koordinasikan dengan pihak Rumah Sakit. Termasuk bagi mereka yang memang benar-benar tidak mampu membayar biaya transfusi darah ini, kami akan memberi kemudahan semampu kami asalkan ada surat pernyataan,” imbuhnya.

Sementara itu, Muflihun, salah seorang donatur darah mengaku rutin mendonorkan darahnya ke PMI. Pria berprofesi sebagai security ini bahkan mengaku sudah kali ke-30 mendonorkan darahnya.

“Ya, karena ada banyak manfaat dari mendonorkan darah ini, khususnya bagi kesehatan,” tuturnya, usai mendonorkan darahnya di Kantor UTD PMI Cabang Lahat. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita