oleh

PLN Siaga Saat UNBK

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – PLN Rayon Lubuklinggau sangat siaga untuk menjaga agar listrik tidak alami pemadaman, saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA sederajat maupun SMP.

Pasalnya UNBK ini momen nasional yang diadakan setahun sekali, dan jika terjadi gangguan aliran listrik dapat mengganggu konsentrasi pelajar saat mengisi jawaban, dengan menggunakan komputer.

Hal ini dikatakan oleh Manager PLN Rayon Lubuklinggau, Muhammad Arham Ginting, Jumat (13/4) di ruang kerjanya.

“UNBK itu merupakan momen atau event nasional yang diadakan setahun sekali untuk pelajar yang sudah duduk di kelas tiga. Sebelumnya UNBK telah diikuti pelajar SMA, SMK, dan MA khususnya yang kelas tiga, dan tak lama lagi pelajar SMP akan mengikuti hal yang sama,” ungkap Arham, sapaan pria ramah ini.

Untuk pasokan listrik, ataupun kesiagaan saat UNBK SMA sederajat, Arham menjamin tak ada kendala.

“Sudah 100 % lancar, tak ada gangguan. Alhamdulillah, semua ini tak ada masalah di lapangan maupun sekolah yang melaksanakan UNBK,” papar Arham.

Ia membenarkan untuk UNBK kebutuhan listrik sudah disiapkan sejak awal Maret 2018 lalu.

“PLN sudah siap jangan sampai terjadi gangguan saat UNBK berlangsung, dan saya sudah menemui pihak sekolah sekaligus memberikan informasi mengenai keadaan PLN dalam hal siaga saat pelaksanaan UNBK, dengan menyiapkan petugas khusus,” ungkapnya.

Selain hal itu, Arham menyebutkan pihak sekolah diminta untuk mem-backup dengan menyediakan genset di lokasi UNBK.

“Sebab bisa saja keadaan alam dengan hujan atau angin kencang yang datang tiba-tiba hingga terjadi gangguan. Alhamdulillah UNBK SMA lancar, dan saya berharap untuk UNBK SMP juga mudah-mudahan aman dan lancar selama kegiatan berlangsung,” papar Arham menambahkan, pihaknya juga terus mengantisipasi agar tidak terjadi potensi listrik padam. Seperti lakukan pemangkasan pohon dekat jaringan listrik.

Upaya lainnya, Arham menyatakan pihaknya memberikan nomor Person In Contact (PIC) kepada pihak sekolah. Nomor PIC ini hanya intern dari PLN ke pihak sekolah saja.

“Apabila terjadi gangguan atau listrik padam, pihak sekolah dapat menghubungi petugas yang standby di posko. Jadi mudah mengatasi gangguan listrik yang terjadi,” ucap Arham selama UNBK telah mendatangi sejumlah sekolah. Guna memastikan listrik di sana saat UNBK berlangsung. Ia telah turun ke SMK Negeri 3 Lubuklinggau, dilanjutkan ke SMKN 1, dengan hasil UNBK tak ada kendala. Baik penyediaan listrik atau pelaksanaannya. (08)

Rekomendasi Berita