oleh

PLN Lakukan Pemadaman di Selangit-Terawas

MUSI RAWAS – Adanya gangguan alam salah satunya sambaran petir membuat PT PLN Rayon Lubuklinggau melakukan pemadaman di wilayah Kecamatan Selangit dan STL Ulu Terawas.

Hal itu dikatakan langsung Manager PT PLN Rayon Lubuklinggau, M Rizal kepada koran ini, Senin (14/1).

Untuk gangguan yang disebabkan oleh alam pada dasarnya tidak bisa diprediksi dan penanggulangannya juga relatif sulit. Untuk menanggulangi petir bisa dipasang grounding wire (petanahan yang fungsinya untuk penangkal petir). Tapi untuk gangguan yang disebabkan oleh hujan, yang mengakibatkan terjadi banjir dan tanah longsor ini juga tergolong sulit diprediksi.

Penyebab lain yang menyebabkan pemadaman listrik, diantaranya hewan malam yang sering lalu lalang melewati jaringan listrik (SUTM). Jika mereka hanya melewati satu kabel tidak akan menjadi masalah, tapi jika mereka mengenai dua kabel atau ketiga kabel,  maka  listrik akan padam.

Sebetulnya petugas PLN telah berupaya mengantisipasi dengan melakukan pemapasan pohon yang berada di dekat jaringan, yang berpotensi roboh menimpa kabel. Sehingga mengganggu aliran listrik ke para pelanggan PLN.

Namun, disadari masih ada kendala yang dihadapi petugas di lapangan, terkait pembersihan jaringan listrik dari pohon. Sebab tidak sedikit pohon yang dekat dengan jaringan ini merupakan pohon produktif. Seperti duku, durian, karet dan sawit.

“Gangguan alam sering kali tidak dapat diprediksi kapan waktunya, dan pemulihannya pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit.  Karena petugas harus menelusuri sepanjang jaringan,” kata M Rizal.

Menurutnya, tujuan dari pemangkasan pohon tidak hanya untuk menjaga keamanan pasokan listrik, namun juga menjaga keselamatan masyarakat dan lingkungan di sekitar jaringan listrik, dengan posisi aman dari jarak Jaringan Tegangan Menengah (JTM). Karena, jarak pohon dari aliran listrik minimal tiga meter.

“Diharapkan kita bisa saling memahami dan saling membantu, minimal mengingatkan pada masyarakat untuk tidak menanam pohon di dekat aliran listrik,” harap pria rama ini. (dlt)

Rekomendasi Berita