oleh

PLN Jamin Tak Ada Pemadaman Listrik

Pada Hari Pencoblosan

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – Pihak PLN Rayon Lubuklinggau menjamin saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Besok (Rabu, 27/6) tidak terjadi pemadaman aliran listrik. Dan tidak ada pengerjaan ataupun pemeliharaan pada hari pemungutan suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau, serta Pemilihan Gubernur dan Wagub Sumsel 2018.

Penegasan ini dikemukakan Manager PT PLN (Persero) WS2JB Area Lahat Rayon Lubuklinggau, M Arham Ginting di ruang kerjanya, kepada wartawan koran ini, Senin (24/6).

“Kita dari PLN sudah melakukan koordinasi dengan pihak KPU Kota Lubuklinggau membahas pasokan listrik saat Pilkada, dan ditetapkan pada hari H tidak ada pengerjaan maupun pemadaman aliran listrik. Kita juga siaga penuh saat Pilkada, dengan harapan tidak terjadi gangguan aliran listrik, ya sama siaganya seperti saat pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah lalu,” jelas Arham, sapaan pria perlente ini.

Mantan Manager PLN (Persero) WS2JB Area Jambi Rayon Kuala Tungka ini meneruskan, pihaknya fokus untuk aliran listrik yang berada di kantor KPU Kota Lubuklinggau di Kelurahan Kayu Ara, dan pastikan tidak mengalami pemadaman. Alasannya, kata Arham, KPU merupakan pusat kegiatan dari pelaksanaan Pilkada.

“Sehingga mendapatkan perhatian ekstra. Tapi di sana ada genset juga, dan apabila terjadi pemadaman cepat diantisipasi secepatnya,” ucap Arham.

Arham menilai untuk pasokan listrik ke TPS tetap menjadi perhatian pihaknya juga, meskipun saat pemungutan suara berlangsung pagi hari, dan akan dilanjutkan dengan penghitungan suara pada siang harinya. Selain kantor KPU, Arham menyebutkan pihaknya menurunkan petugas dengan standby di gardu hubung yang letaknya berada di dekat taman Kurma.

“Diupayakan optimal agar tidak terjadi gangguan saat Pilkada sedang berlangsung,” imbuh dia.

Ditanya mengenai gangguan listrik saat lebaran lalu, Arham mengungkapkan fakta menarik. Menurutnya, saat hari H lebaran itu, ternyata terjadi gangguan suplai listrik di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin II Kelurahan Simpang Periuk. Di sana diduga ada mobil menabrak tiang listrik pada pagi harinya, dan mengakibatkan kerusakan dengan bagian tiang menjadi miring. Hingga kabel penahan tiang lepas dan menyentuh kabel penghantar. Akibatnya terjadi pemadaman aliran listrik selama tiga jam, dari arah Simpang Periuk sampai ke Temam.

Kendati demikian, petugas PLN cepat mengantisipasi agar pemadaman tidak berlangsung lama, dengan mencari penyebab listrik padam.

Warga Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Destriansah, meminta agar pihak PLN benar-benar memerhatikan pasokan listrik saat hari H pemungutan suara. Jangan sampai, kata dia, terjadi pemadaman aliran listrik.

“Petugas di TPS itu menggunakan soundsystem (pengeras suara,red) untuk menyampaikan penjelasan kepada pemilih atau memanggil pemilih untuk masuk ke TPS, guna menggunakan hak pilihnya. Jika listrik padam, tentu saja sangat mempengaruhi kinerja petugas di TPS,” imbuh dia. (08)

Rekomendasi Berita