oleh

PKL Siswa SMKN 3 Lubuklinggau Cetak SMK Bisa dan Hebat

LINGGAUPOS.CO.ID- Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMKN 3 Lubuklinggau berlangsung aman dengan penerapan prokes covid19, Puguh Purnomo selaku Kepala Sekolah mengatakan SMKN 3 Lubuklinggau tetap dilaksanakan PKL karena dasar keilmuan tidak akan maksimal jika melalui online saja memang harus PKL.

Dilanjutkan Puguh, dalam PKL siswa diwajibkan tetap menjaga protokol kesehatan covid19 yakni memakai masker, jaga jarak dan kami telah bekerjasama dengan Dunia Industri (Dudin) mereka pun sudah memahami prokes covid19.

Puguh menambahkan siswa kamipun tetap jaga jarak, Insya Allah SWT siswa yang sering cuci tangan, jaga kesehatan, istirahat cukup, mengkonsumsi vitamin, sayuran, buah-buahan, minum air putih, olahraga dan Insya Allah bisa membuat imunitas siswa lebih baik.

“Kita sama-sama berdoa semoga wabah covid19 ini segera berakhir dan aktivitas khususnya dunia pendidikan bisa berjalan seperti biasa,”harapnya.

Harapan kami dengan diadakannya PKL Siswa SMKN 3 Lubuklinggau memiliki kompetensi kompeten yang sesuai bidangnya masing-masing, siap untuk bekerja dan mungkin ada yang siap untuk melanjutkan keilmuannya lebih tinggi lagi.

“Take line SMK Bisa, Hebat saat ini sudah banyak bisa mengikuti pendidikan lebih lanjut ke perguruan tinggi dan harapan kami alumni SMKN 3 Lubuklinggau mengisi peluang-peluang pasar yang ada di Kota Lubuklinggau, sekitarnya, syukur-syukur di Provinsi Sumatera Selatan bahkan di Indonesia dan oleh karena itu perlunya pengalaman kerja siswa agar siap kerja,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pokja PKL Subuh, S.Pd, M.Pd menjelaskan untuk siswa yang telah melaksanakan PKL yakni Kelas XI Teknik Audio Video (TAV) yakni Kelas 1 dan 2, Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan yakni Kelas 1, Kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) kelas 1 dan Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Kelas 3 jadi total siswa yang melaksanakan PKL berjumlah kurang lebih 150 siswa.

“Untuk siswa yang PKL ada dua periode yakni periode pertama dimulai 23 Desember 2019 hingga 23 Maret 2021 dan PKL periode kedua yakni April hingga Juni 2021,”katanya.

Subuh menambahkan dari permintaan Dunia Industri (Dudi) yakni dikantor Konsultan, instansi itu kegiatannya dimulai Juli hingga Desember 2021, daftar Dudi siswanya sudah pernah PKL disitu, tidak seluruhnya sesuai kebutuhannya juga, ada juga siswa PKL yang ditempatkan dari pihak sekolah dan ada juga siswa yang mencari sendiri tempat PKL.

“Kami berharap siswanya mendapat kemampuan di bidangnya, tentunya ada yang lebihnya belajar di sekolah, ilmu-ilmu baru yang disampaikan dunia industri karena dengan adanya PKL siswa akan banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan,”ungkapnya.

Alhamdulillah untuk alumni SMKN 3 Lubuklinggau sebagian ada yang sudah terserap didunia industri, harapan kami bisa bersaing dengan lulusan lainnya, karena siswa PKL bisa terjun langsung bagaimana cara memperbaiki mobil, motor, servis komputer, merakit komputer di jurusan teknik komputer jaringan (TKJ) khususnya PKL di toko-toko komputer.(*)

Rekomendasi Berita