oleh

PKK Berdayakan Potensi Seniman Lokal

MURATARA – Ketua TP PKK Kabupaten Muratara, Lia Mustika Syarif berkomitmen akan memberdayakan pelaku seni atau seniman lokal. Hal ini disampaikannya dalam rapat bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Dewan Kesenian Muratara.

Rapat diadakan di Desa Terusan, Kecamatan Karang Jaya, Jumat (25/1). Lis Mustika Syarif yakin kesenian di Kabupaten Muratara akan lebih maju dan dikenal.

Apalagi dengan program-program ungulan dari Disbudpar, ia yakin akan penggiat seni yang merupakan putra-putri dari Kabupaten Muratara. Mengingat sebelumnya pada event-event baik lomba maupun pameran yang diutus melibatkan orang luar Muratara.

“Kita yakin bila program yang dijalankan Pemda dalam hal ini Disbudpar, kedepan kesenian daerah kita akan lebih maju. Karena yang paling utama banyak melalui pembinaan sanggar kesenian, nanti akan ada bibit baru begitu juga yang sudah ada kompetensinya dapat bertambah lagi,” ungkap Lia Mustika Syarif.

Lis Mustika Syarif menegaskan kedepan yang dikirim pada perlombaan atau event kesenian merupakan pelaku seni asli Muratara. Tidak hanya atas nama Muratara, Lia Mustika Syarif enggan Muratara hanya dianggap mencomot.

“Disbudpar harus jemput bola, karena bakat seni pasti dimiliki pemuda Muratara tidak hanya yang ada di ibukota kecamatan saja tapi di desa-desa harus kita sisir juga,” pesan wanita berhijab ini.

Selain itu, Lia Mustika Syarif juga meminta anggota Dewan Kesenian Muratara aktif, dan update terkait lomba dan event. Dengan semakin mengikuti event dan lomba maka tim kesenian kabupaten “Beselang Serundingan” ini dapat lebih dikenal baik ditingkat provinsi maupun nasional.

Ia juga berpesan dalam mengadakan event, misalnya Pemilihan Bujang Gades Muratara maka harus inovatif jangan monoton.

“Ayo sama-sama membuka wawasan dan jangan kaku, pengurus Dewan Kesenian merupakan anak-anak muda yang saya yakin lebih semangat dan suka berpikir think of the box atau beda dari hal yang biasanya dilakukan yang berisikan seni yang tinggi,” ungkap Lia Mustika Syarif.

Sementara itu, Sekretaris Disbudpar, Sukamto menjelaskan dalam waktu dekat Disbudpar Kabupaten Muratara akan mengadakan pembinaan sanggar seni di setiap kecamatan, minimal satu kecamatan memiliki tiga sanggar seni binaan.

Sukamto meminta pengurus Dewan Kesenian agar aktif, baik dengan meningkatkan potensi para pengurus sendiri maupun mencari putra-putri di setiap desa dan kecamatan yang memiliki jiwa seni. (Cw3)

Rekomendasi Berita