oleh

Pipa PDAM-TBS Rawan Pecah

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Pipa distribusi air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum-Tirta Bukit Sulap (PDAM-TBS) Kota Lubuklinggau, diameter 300 milimeter (mm) di Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong kembali pecah. Pecahnya pipa distribusi ini disinyalir padatnya arus lalu lintas di lokasi tersebut selama libur Idul Fitri 1439 H.

Direktur PDAM-TBS Kota Lubuklinggau, Hj Ratna Machmud melakukan pengecekan langsung lokasi pipa pecah didampingi beberapa tim teknis lainnya. H+2 Idul Fitri 1439 H, tepatnya Sabtu (17/6) di lokasi hampir berdekatan juga ada pipa distribusi yang pecah, namun sudah diperbaiki oleh tim teknis.

Kabid Teknis PDAM-TBS Kota Lubuklinggau, Hadi Purwanto mengatakan di pipa di PUT memang rawan pipa distribusi pecah. Pasalnya, kendaraan bertonase berat kerap melintas di wilayah tersebut.

Selain itu pipa di lokasi tersebut belum pernah diperbarui sejak belasan tahun lalu.

“Belum pernah ada pipanisasi, karena dana yang dibutuhkan cukup besar,” ungkap Hadi Purwanto.

Diakui Hadi Purwanto, perbaikan pipa pecah membutuhkan waktu dua hari, dengan lima orang SDM. Ada beberapa wilayah yang akan mengalami gangguan distribusi air bersih. Seperti di Kelurahan Mesat Seni, Mesat Jaya, Perumnas Nikan, dan pelanggan di sepanjang Jalan Lingkar Selatan. (07)

Rekomendasi Berita