oleh

Pipa Minyak Diduga Bocor

MUSI RAWAS – Diduga kebocoran pipa minyak milik PT Pertamina EP Pendopo yang menimbulkan api cukup besar, terjadi pukul 09.00 WIB, Minggu (306) di Kampung IV Dusun Sidorame, Desa Ciptodadi, Kecamatan Sukakarya.
Kebocoran pipa itu diketahui warga saat melintasi di sekitar lokasi, memang lokasi pipa itu posisinya di tengah badan jalan yang dilalui penduduk beraktivitas. Baik pejalan kaki maupun berkendaraan.
Plt Kades Ciptodadi II, Marsudi saat dikonfirmasi membenarkan bahwa di wilayahnya terjadi kebakaran diakibatkan bocornya pipa minyak. Namun, kebakaran itu tidak sampai ke rumah penduduk sehingga tidak ada menelan korban jiwa.
“Apinya sempat membesar, alhamdulillah musibah ini tidak menimbulkan korban jiwa,” kata Marsudi.
Menurutnya, bahwa pipa minyak itu mengalami kebocoran sejak pagi saat warga hendak berangkat kerja. Tetapi, belum diketahui pasti masalah kebocoran tersebut. Kuat dugaan kebocoran diakibatkan pipa sudah keropos.
“Sebenarnya ini bukan yang pertama kalinya, tapi sering sehingga diharapkan kepada pihak PT Pertamina EP kedepannya untuk lebih menjamin keselamatan masyarakat,” ucapnya.
Ditambahkannya, di mana se-Kecamatan Sukakarya hampir seluruh desa terdapat sumur bor. Baik minyak maupun gas alam.
“Kita mengimbau kepada seluruh warga yang melintas di tempat kejadian tersebut untuk berhati-hati,” imbaunya.
Sementara itu anggota DPRD Kabupaten Mura, Rudi Hartono menyampaikan hal yang sama, meminta agar PT Pertamina EP Pendopo melakukan perbaikan-perbaikan, ketika ada pipa gas yang rusak. Karena, dapat mengancam keselamatan masyarakat.
“Bukan itu saja, dapat membuat masyarakat trauma dengan yang namanya gas,” ujarnya.

Terpisah Ast Manager Legal & Relation Pendopo Field, R Ferry Prasetyo Wibowo ketika dikonfirmasi menjelaskan kebocoran pipa terjadi di lokasi MSI 49.
“Kebocoran dari pipa lama yang akan diganti. Penggantian pipa barunya sudah dipasang tinggal proses hidrotes sebelum di sambungkan ke sumur. Pihak teknisi pertamina langsung sigap mematikan dan mengatasi kebocoran,” tegasnya. (dlt)

Rekomendasi Berita