oleh

PIP Siswa Kelas XII Hanya Rp 500 Ribu

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Seorang wali siswa kelas XII SMAN Rupit 13 Mei 2018 lalu sempat mengeluh. Lantaran dana Program Indonesia Pintar (PIP) yang diterima anaknya, hanya Rp 100 ribu. Padahal, ia memastikan dana yang harusnya diterima putranya Rp 500.000.

Kepala SMAN Rupit, Suprihartini memberikan jawaban gamblang menjawab adanya keluhan tersebut, Rabu (23/5). Didampingi Waka Kesiswaan Rosa Anggraini, Suprihartini menerangkan PIP tahap I tahun 2018, di SMAN Rupit untuk seluruh siswa kelas XII nominalnya Rp 500.000

“Jadi kalau kemarin, Ketua MKKS SMA Kabupaten Muratara Pak Darmadi bilang dana PIP untuk anak kelas XII itu Rp 1 juta per anak itu perlu diluruskan. Karena siswa kelas XII tersebut terdaftar di SMAN Rupit sampai Juni 2018 (setengah tahun). Dan dana PIP dicairkan berdasar tahun anggaran bukan tahun pelajaran,” papar Suprihartini.

Suprihartini melanjutkan, PIP di SMAN Rupit disalurkan secara langsung kepada siswa penerima melalui BNI (bukan kolektif). Jadi, ia memastikan sangat mustahil jika siswa penerima PIP tersebut tidak tahu berapa jumlah dana yang diterimanya. Secara pribadi siswa penerima PIP tersebut membayarkan langsung sumbangan pendidikan yang telah disepakati melalui rapat komite kepada pembantu bendahara komite di sekolah. Nominal sumbangan itu Rp 50.000 per bulan.

Tahun ajaran 2017/2018 ini, ada 336 siswa kelas XII yang lulus, dan 152 orang diantaranya penerima PIP. Hanya saja, 45 persen anak masih ada tunggakan sumbangan pendidikan.

“Nah, dari 152 anak yang dapat PIP dan ternyata ada siswa yang masih menunggak sumbangan pendidikan, langsung ditagih oleh bendahara pembantu komite. Dan harus dilunasi waktu mau ujian UNBK. Ada juga yang langsung lunas, ada yang berangsur-angsur. Namun sudah lunas semua,” terangnya.

Sekedar diketahui, PIP adalah sebuah kartu yang mana diberikan kepada keluarga miskin dan rentan miskin (tidak mampu) yang mana mereka berkeinginan untuk dapat menyekolahkan anaknya yang mana anak tersebut berusia 7-18 tahun secara gratis.(02)

JUDUL : Terdata Ada 45 Persen Siswa Sempat Nunggak

Rekomendasi Berita