oleh

Pilkades Serentak Sebelum Pilkada

CURUP– Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Rejang Lebong direncanakan awal 2020 sebelum pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Rejang Lebong, Ahmed Chalid didampingi Kabid Kelembagaan, Sosbud dan Pemerintah Desa, Bobby Harpa Santana, Senin (15/7).

“Untuk Pilkades kemungkinan awal tahun 2020, kalau Pilkada kan akhir tahun,” ungkap Boby.

Ditambahkan Boby, meski pelaksanaan Pilkades serentak dilakukan tahun 2020, namun tahapan dimulai di 2019 ini.

“Kalau tahapannya sedang dipersiapkan, salah satunya persiapan pembentukan panitia tingkat Kabupaten, kemudian ke tingkat kecamatan,” tambahnya Bobby.

Setelah terbentuk panitia kabupaten dan kecamatan, nanti juga bakal bentuk panitia tingkat desa yang nantinya akan dimusyawarahkan dengan BPD setempat. Dalam Pilkades serentak yang melibatkan 56 desa tersebut di 14 kecamatan Kabupaten Rejang Lebong diantaranya 54 habis masa jabatan tahun 2019 dan dua habis tahun 2020.

“Nanti kalau sudah tersusun panitia bisa menjadwalkan untuk penetapan Daftar Mata Pilih (DPT), pendaftaran bakal calon kades, masa kampanye dan masa tenang. “Nanti juga kita akan buat untuk pelaksanaan deklarasi damai dalam Pilkades serentak,” imbuh Boby. (sam)

Rekomendasi Berita