oleh

Pilkades Masih Gunakan Sistem Coblos

LINGGAU POS ONLINE – Sesuai tahapan pemilihan calon Kepala Desa (Kades) di tujuh desa dalam empat kecamatan di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), kini masuk tahap verifikasi berkas bakal calon Kades. Mulai Sabtu (3/8) tahapan verifikasi dimulai tingkat desa hingga 14 hari kedepan.

Selanjutnya akan diteruskan verifikasi berkas Balon Kades tingkat kecamatan dan kabupaten selama 6 hari. Sedangkan untuk rincian Pilkades serentak yakni, Desa Lesung Batu Kecamatan Rawas Ulu terdaftar 7 orang bakal calon Kades, di Desa Sukomoro Kecamatan Rawas Ulu terdaftar 6 orang bakal calon Kades.

Dilanjutkannya, untuk Desa Mekar Sari Kecamatan Rawas Ilir terdapat 3 orang bakal calon Kades. Sedangkan Desa Ketapat Bening, Kecamatan Rawas Ilir juga terdapat 3 orang bakal calon Kades.

“Untuk Desa Pauh, Kecamatan Rawas Ilir terdaftar 5 orang bakal calon Kades, Desa Sungai Jernih Kecamatan Rupit, 2 orang bakal calon Kades. Dan Desa Embacang Baru Ilir Kecamatan Karang Jaya terdapat 3 orang bakal calon Kades,” jelas Kepala DPMD-P3A Muratara, Hj Gusti Rohmani melalui Kabid DPMDes, Zuliyan.

Pilkades di tujuh desa tersebut, dilaksanakan secara serentak untuk tahap ketiga dari 82 desa yang ada di “Bumi Berselang Serundingan”.

“Pilkades tahap pertama telah kita laksanakan 2016 lalu sebanyak 50 desa, tahap kedua pada 2017 lalu sebanyak 25 desa dan tahap ketiga 2019 ini sebanyak tujuh desa yang direncanakan pemilihannya pada September mendatang,” tegasnya.

Disinggung mengenai pemungutan suara di Pilkades serentak tahun 2019, ia menegaskan belum menggunakan e-Voting. Kedepan, sistemnya masih dengan cara pencoblosan. Pihaknya berharap, Pilkades serentak tahun 2019 ini dapat berjalan dengan lancar, tertib, aman dan sesuai aturan. Hingga terpilihnya Kades yang berpotensi, amanah dan berkomitmen yang kuat dalam membangun desa. (fji)

Rekomendasi Berita