oleh

Pilkada, 333 Polisi Siaga

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Dipastikan, personel Polres Lubuklinggau siap melakukan pengamanan baik menjelang hingga selesai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Lubuklinggau. Hal itu disampaikan Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar melalui Kasi Bin Of, AKP Ermi, ketika diwawancara Senin (8/1).

AKP Ermi menjelaskan, pengamanan Pilkada dilakukan secara bertahap.

“Besok (hari ini,red) ada dua bakal calon yang akan mendaftar ke kantor KPU maka akan kami lakukan pengawalan. Begitu juga dengan di kantor KPU, akan kita lakukan pengamanan mulai dari pagi hingga sore,” jelas AKP Ermi.

Ketika nantinya terjadi pelanggaran Pilkada, kata Ermi akan ada Gakkumdu yang leading sector-nya Panwas.

Sentra Gakkumdu adalah wadah bersama 3 unsur antara pengawas Pemilu, kepolisian, dan kejaksaan untuk menangani tindak pidana Pemilu. Sentra Gakkumdu yang akan mengolah laporan masyarakat yang mengandung tindak pidana Pemilu.

“Mengenai lokasinya pun di Sekretaris Panwas, jadi apabila ada dugaan pelanggaran silakan melapor ke Gakkumdu, tentunya saja dengan bukti dan saksi yang kuat,” ucapnya.

AKP Ermi menambahkan, untuk informasi awal disediakan 370 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pilkada Lubuklinggau Juni 2018 mendatang.

“Dan rencananya, akan melibatkan sekitar 333 personel dari Polres dan Polsek. Namun itu belum fiks hanya sementara dan akan dilihat dari perkembangan kedepan,” jelasnya.

Lalu, bagaimana persiapan bakal calon?

Juru bicara III Pasangan H SN Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohar, Raden Syalendra menjelaskan persiapan pendaftaran untuk pasangan NanSuko sudah 100 %. Rencananya, pendaftaran ke KPU dilaksanakan Bada Zuhur dan selepas membaca Alquran Surah Yasin bersama.

Ia mengaku, pendaftaran ke KPU sesuai komitmen dari NanSuko mengusung tagline ‘Bersama Kita BISA, kita BISA Bersama’. Sedangkan konsepnya secara sederhana.

“Konsep kita sederhana dan merakyat. Pasangan NanSuko mengajak seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, tanpa memandang suku dan agama, untuk mendukungnya melanjutkan pembangunan di Lubuklinggau. Untuk itu kita mengusung tagline ‘Bersama Kita BISA, Kita BISA Bersama’,” ungkap Raden.

Berdasarkan hasil rapat, seluruh pengurus Parpol pengusung dan pendukung, mulai dari DPC hingga ranting akan turut bersama mengawal pendaftaran ke KPU.

“Rencana, menjelang Zuhur kita kumpul di kediaman Leonardi Sohe di depan Masjid Agung As-Salam. Lalu kita salat berjamaah dilanjutkan pembacaan Surat Yasin dan doa bersama. Tujuannya meminta berkah dari Allah SWT, agar niat kita mendaftarkan pasangan NanSuko ke KPU berlangsung lancar, sesuai harapan serta mendapat dukungan serta doa dari seluruh masyarakat. Karena kita pun terus mengajak dan memohon dukungan dari masyarakat untuk NanSuko agar bisa melanjutkan kepemimpinannya,” jelasnya.

Lantas, bagaimana dengan persiapan pasangan H Rustam Efendi dan Riezky Aprilia?

Balon Walikota Lubuklinggau, H Rustam Efendi menjelang pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) 10 Januari 2018 nanti, pihaknya akan mengawali dengan deklarasi serentak bersama partai pengusung, tim relawan, dan tim kampanyenya.

“Sebelum melakukan pendaftaran nanti kita bersama-sama akan melakukan deklarasi di Hotel SMart dahulu, lalu baru kita bersama-sama ibu Riezky Aprilia untuk menuju ke KPU Kota Lubuklinggau,” ucap H Rustam Efendi.

Lebih lanjut H Rustam Efendi mengatakan setelah selesai melakukan pendaftaran semua tim, relawan dan Parpol akan bekerja sama berjuang.

“Kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Lubuklinggau, semoga mendatang masyarakat menerima dan mendoakan kita,” ujarnya.

Selanjutnya mengenai pasangan semua mempunyai strategi masing-masing, yang jelas ia selaku kandidat harus berpolitik elegan.

“Semua kandidat baik, tinggal masyarakat yang memilih,” katanya.

Ia berharap dengan diusung oleh partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan(PPP) dapat mengamanatkan harapan masyarakat Kota Lubuklinggau.

“Saya dan Ibu Riezky Aprilia memohon doa dan restu agar pada Pilkada mendatang tanpa halangan,” ungkapnya.

Besok (hari ini,red) rencananya, Balon Walikota Lubuklinggau jalur independen, Toyib Rakembang juga akan mendaftarkan diri ke KPU Kota Lubuklinggau.

“Insya Allah, Besok (hari ini/red) kita mendaftarkan di KPU Kota Lubuklinggau. Untuk persiapan sudah mencapai 100%,” ungkap Toyib, kemarin.

Lebih lanjut, Toyeb sapaan akrabnya rapat dan konsolidasi, diakuinya terus dilakukan bersama tim pemenangan.

“Untuk pendaftaran besok kita sudah persiapan, semoga tidak ada halangan,”jelasnya.

Saat mendaftar Toyib mengaku, tidak akan dilakukan secara glamour.

“Kita sederhana saja, tidak secara glamour. Karena saat ini masyarakat kita sedang kesusahan. Insya Allah semua tim kita ikut saat mendaftar, besok (9/1). Namun untuk konsepnya apakah sama seperti pada saat kita menyerahkan persyaratan, kita belum tahu,” ungkapnya.

Yang dilakukannya saat ini bersama tim pemenangan yakni meyakinkan masyarakat.

“Pastinya, selain persiapan mental, tinggal meyakinkan masyarakat yang terus dan harus kami lakukan. Untuk persyaratan administrasi hampir rampung, tinggal beberapa item yang lagi dipersiapkan,”katanya.
(19/16/09/11)

Komentar

Rekomendasi Berita