oleh

Pileg Muratara Empat Dapil

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tetapkan Daerah Pemilihan (Dapil) untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sebanyak empat Dapil.

Adapun keempat Dapil tersebut yakni, Dapil 1 berjumlah 4 kursi, yakni Kecamatan Karang Jaya, Dapil 2 sebanyak 7 kursi meliputi Kecamatan Rupit dan Kecamatan Karang Dapo, Dapil 3 sebanyak 8 kursi yang meliputi Kecamatan Rawas Ilir dan Kecamatan Nibung sementara Dapil 4 sebanyak 6 kursi meliputi Kecamatan Rawas Ulu dan Ulu Rawas.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPUD Kabupaten Muratara, Agus Mariyanto, di mana penetapan Dapil tersebut berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) No. 6 Tahun 2018 tentang Penyusunan Dapil yang berdasarkan DAK 2 atau jumlah penduduk.

“Dalam hal penetapan jumlah kursi per Dapil berdasarkan DAK 2 atau jumlah penduduk, bukan berdasarkan DPT karena, DPT Kabupaten Muratara belum ditetapkan,” jelasnya.

Mengenai penetapan tersebut, sebelumnya pihaknya telah menyusun tiga opsi Dapil untuk dilakukan uji publik serta pembahasan oleh KPUD Kabupaten Muratara bersama para stakeholder. Baik pemerintah daerah, Panitia Pengawas Pemilu dan para pemangku kepentingan. Dalam hal ini para pengurus Partai Politik, selanjutnya disampaikan kepada KPU Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun ketiga opsi tersebut yakni Dapil I dengan jumlah kursi 11, meliputi Kecamatan Karang Jaya, Kecamatan Rupit dan kecamatan Karang Dapo. Dapil 2 jumlah kursi 8 meliputi Kecamatan Rawas Ilir dan Kecamatan Nibung sementara Dapil 3 jumlah kursi 6meliputi Kecamatan Rawas Ulu dan Kecamatan Ulu Rawas.

Opsi kedua, tiga Dapil yakni Dapil 1 dengan jumlah kursi 8 meliputi Kecamatan Karang Jaya dan Kecamatan Rupit. Dapil 2 7 kursi meliputi Kecamatan Karang Dapo dan Kecamatan Rawas Ilir dan Dapil 3 berjumlah 10 kursi yang meliputi Kecamatan Nibung, Kecamatan Rawas Ulu dan Kecamatan Ulu Rawas.

“Sedangkan opsi ketiga yakni empat Dapil, yang ditetapkan oleh KPU RI tersebut,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Agus Mariyanto menambahkan, setelah ditetapkan oleh KPU RI, pihaknya telah melakukan pengumuman dipasang di Kantor Sekretariatan KPUD di Desa Noman Baru Kecamatan Rupit. Dan juga akan menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada pengurus Parpol.

“Untuk saat ini penetapan Dapil tersebut sudah kita tempelkan di kantor Sekretariat KPUD, dan untuk Parpol akan kita sampaikan secara tertulis,” ungkapnya.

Untuk diketahui pada Pilleg tahun 2014 lalu pada saat masih bergabung dengan Kabupaten induk Musi Rawas. Ada dua Dapil yakni Dapil V atau Dapil 1 sebanyak 12 kursi meliputi Kecamatan Rupit, Kecamatan Karang Jaya dan Kecamatan Karang Dapo dan Dapil VI sebanyak 13 kursi yang terdiri dari empat kecamatan, Kecamatan Rawas Ilir, Kecamatan Rawas Ulu, Kecamatan Ulu Rawas dan Kecamatan Nibung. (12)

Rekomendasi Berita