oleh

Piala Dunia 2018 : Inggris Pulangkan Kolombia

MOSKOW- Timnas Inggris secara dramatis memastikan diri melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2018, setelah mengalahkan Kolombia. Menghadapi Kolombia di Spartak Stadium, Moskow, dalam laga babak 16 besar, The Three Lions mengalahkan Kolombia lewat drama adu penalti 4-3 (1-1), Rabu (4/7) dini hari WIB.

Harry Kane membuat peluang pertama Inggris di menit 16. Menerima umpan silang Kieran Trippier, Kane mampu menyundul bola ke gawang. Sayang, bola sundulan bomber Tottenham Hotspur ini malah melayang di atas gawang Davis Ospina.

Kolombia kemudian mendapat peluang emas jelang babak pertama usai. Adalah winger cepat, Juan Quintero, yang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun, tembakan Quintero mampu diamankan kiper Inggris, Jordan Pickford.

Memasuki babak kedua, tensi pertandingan kian meninggi. Kolombia dan Inggris kembali terlibat dalam duel sengit di babak kedua.

Inggris kemudian berhasil memecah kebuntuan di menit 57. Pelanggaran Carlos Sanchez di area terlarang kepada Harry Kane, membuat wasit Mark Gaiger asal Amerika Serikat menghadiahkan hadiah penalti buat Inggris. Kane yang tampil sebagai algojo tak membuang peluang, dan membawa Inggris unggul.

Saat kemenangan Inggris sudah di depan mata, Kolombia di luar dugaan mampu menyamakan kedudukan. Gol sundulan bek Barcelona, Yerry Mina, memaksimalkan umpan Juan Cuadrado, memaksa duel harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak extra time, baik Kolombia dan Inggris juga gagal menambah pundi golnya. Meskipun, Kolombia dan Inggris saling balas menyerang. Tak ada gol juga yang tercipta hingga babak extra time kedua berakhir. Laga Kolombia kontra Inggris akhirnya harus menentukan pemenang lewat drama adu penalti.

inggris akhirnya mampu memenangkan adu penalti, setelah dua penendang Kolombia, Mateus Uribe dan Carlos Bacca, gagal menaklukkan Pickford. Eric Dier yang jadi penendang terakhir memastikan kemenangan Inggris dalam drama adu penalti 4-3.

Di babak perempat final, Inggris akan berhadapan dengan Swedia yang sebelumnya berhasil menyingkirkan Swiss. Duel Inggris akan digelar di Cosmos Arena, Samara, Sabtu (7/7) WIB.

*Kolombia Paksa Inggris ke Extra Time

Bertanding di Spartak Stadium, Rabu (4/7) dinihari WIB, Inggris mengambil kontrol permainan di awal babak pertama. The Three Lions lebih dulu mendikte Kolombia dengan permainan umpan-umpan pendek.

Peluang pertama Inggris didapat pada menit keenam. Ashley Young melepaskan tendangan bebas melengkung, namun bola berhasil ditinju keluar kotak penalti oleh David Ospina.

Pertandingan mulai lebih hidup selepas tembakan Young. Kedua tim saling gantian menyerang lewat serangan balik cepat, namun selalu gagal menjadi peluang sebelum masuk ke kotak penalti.

Peluang emas didapat Inggris pada menit ke-16. Umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan disambut dengan sundulan Harry Kane, namun bola masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Kolombia masih sangat sulit masuk ke kotak penalti Inggris sampai 20 menit laga berjalan. Skema Inggris dari 3-5-2 berubah menjadi 5-3-2 saat dalam situasi bertahan.

30 menit laga berjalan, serangan kedua tim masih minim peluang. Inggris mendominasi serangan, namun kesulitan melepas tembakan.

Inggris mendapat peluang dari tendangan bebas di menit ke-42. Bola yang dieksekusi Trippier masih melebar tipis dari gawang Kolombia.

Kolombia mampu melepas tembakan on target pertamanya jelang akhir laga lewat Quintero. Gagal berbuah gol setelah bola mengarah tepat di pelukan Jordan Pickford.

Hingga turun minum, tak ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Di lima menit pertama babak kedua, Kolombia mulai meningkatkan tekanan. Mereka mencoba untuk menembus pertahanan Inggris lewat sisi tengah lapangan, namun belum berbuah hasil.

Inggris mendapat hadiah penalti di menit ke-52 setelah wasit Mark Geige menganggap Carlos Sanchez melanggar Kane. Sempat ada perdebatan, namun wasit tetap pada keputusan.

Kane maju sebagai eksekutor. Striker Tottenham Hotspur itu menjalankan tugas dengan baik dengan mengarahkan bola ke tengah, sementar Ospina bergerak ke kanan. 1-0 Inggris memimpin di menit ke-57.

Pertandingan berjalan panas selepas keunggulan Inggris. Dua kartu kuning beruntun di keluarkan wasit untuk Radamel Falcao dan Carlos Bacca pada menit ke-63 dan ke-64.

Kolombia coba mengembangkan permainan untuk mencari gol penyeimbang. Tapi, segala upaya mereka belum membuahkan hasil setelah rapatnya pertahanan Inggris.

Peluang emas didapat Kolombia pada menit ke-81. Kyle Walker melakukan blunder hingga bola dapat diambil Bacca. Bacca menggiring bola mendekat kotak penalti dan menyodorkannya kepada Cuadrado, namun tembakannya melenceng dari sasaran.

Tekanan dari Kolombia ke pertahanan Inggris semakin meningkat di lima menit akhir. Umpan silang dilepaskan Johan Mojica, Falcao berhasil menyambarnya dengan sundulan, namun arah bola masih belum pada sasaran.

Kolombia membuat pendukung Inggris terdiam di injury time. Mina melesakkan gol lewat sundulan setelah menyambar umpan sepak pojok Cuadrado. Laga pun berlanjut ke babak tambahan setelah skor 1-1 berakhir di waktu normal.

Pertemuan antara Kolombia vs Inggris di babak 16 besar Piala Dunia 2018 harus berlanjut ke adu penalti. Kedua tim tetap berimbang 1-1 sampai extra time. (08/Net)

Rekomendasi Berita