oleh

Piagam Penghargaan Tentukan Kelulusan SNMPTN

LINGGAU POS ONLINE, MUARA KELINGI – Tahun 2018 mendatang, SMA Negeri Muara Kelingi bakal meluluskan 165 siswa-siswi. Berdasar hasil assessment November 2017, 60 % dari mereka berniat melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi.

“Oleh karena itu, kami sejak awal berusaha untuk mempersiapkan mereka. Terutama pencapaian prestasi baik akademik maupun non akademik. Sesuai pengalaman, kalau modal rapor saja agak sulit lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Minimal mereka memiliki piagam penghargaan pemenang atau pernah juara event tingkat provinsi maupun Nasional,” terang Kepala SMAN Muara Kelingi, Rifai saat dibincangi Linggau Pos, Senin (4/12).

Rifai memisalkan, ketika siswa memiliki niat untuk masuk Fakultas Kedokteran (FK) maka diupayakan pernah juara Olympiade Sains.

“Seperti pengalaman alumni 2017 ini, yang lulus di FK Unsri itu memang pernah Juara Lomba Karya Ilmiah di Unsri, juga Lomba Sains di Jambi. Sehingga piagam-piagam penghargaan yang anak-anak raih ini sangat membantu agar mereka bisa lulus SNMPTN,” jelas Rifai.

Tahun Akademik 2017/2018, ada 35 alumni SMAN Muara Kelingi yang lulus SNMPTN dan SBMPTN. Tiga diantaranya masuk FK Unsri, seorang masuk Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dan seorang lagi masuk Jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB).

Belajar dari pencapaian 2017 itu, SMAN Muara Kelingi berusaha untuk mengikutsertakan siswa-siswinya pada kompetisi tingkat provinsi bahkan Nasional.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita