oleh

Petugas Gabungan Tertibkan Pedagang Pasar

LINGGAUPOS.CO.ID – Petugas gabungan dan Disprindag Empat Lawang menertibkan pedagang pasar, karena terlihat semerawut, Selasa (16/2/2021).

Penertiban ini dijelaskan Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Empat Lawang, Yenni Novita, kondisi pasar memang agak kurang tertata,  makanya selaku pengelola pasar mengajak OPD terkait untuk melakukan penataan pasar.

Karena penertiban pasar itu ranahnya satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), maka dilibatkan Pol PP, serta diback up TNI dan Polri

Maka dari itu penertiban pasar dipimpin langsung oleh Kadis Polpp beserta OPD terkait yg di back up oleh aparat TNI dan Polri.

Yeni meneruskan, untuk sosialisasi sudah dilaksanakan dari Januari baik secara langsung maupun berupa edaran. Untuk dilakukannya penertiban, pedagang yang ditrotoar, hingga yang berjualan yang bukan pada tempatnya.

Selain itu juga sepengetahuan pihaknya, seminggu sebelumnya Pol PP sudah turun memberikan informasi dan arahan secara langsung dan dengan pendekatan persuasif kepada pedagang di pasar Tebing Tinggi dan Pulo Mas.

“Makanya kegiatan kita tadi tidak memakan waktu terlalu lama. Karena sudah ada pemberitahuan bahkan beberapa pedagang sudah pindah dengan sendirinya tanpa ada pemaksaan,” jelas Yeni.

Lebih lanjut Yeni berharap kedepannya pedagang mau menempati lapak yang sudah disediakan, agar pasar tertata rapi.

Senada disampaikan Kepala UPTD Pasar Tebing Tinggi, Topo Pilihan diharapkan kedepan pedagang bisa mentaati atau melakukan kegiatan jual beli sesuai dengan lapak yang disiapkan.

“Nanti akan ada satgas khusus yang menertibkan pedagang sehingga tidak semerawut lagi,” ujarnya.

Kadis Pol PP Lawang H Muhammad Taufik menjelaskan pedagang yang ditertibkan agar berjualan sesuai lokasi yang ditentukan dan tidak mengganggu ketertiban umum.

Selain itu, Dinas-dinas terkait juga harus proaktif dan saling koordinasi dalam penataan pasar seperti penataan pedagang, tempat sampah, dan pengaturan kendaraan atau tempat parkir.

“Kedepan semua instasi terkait hatus saling berkoordinasi dalam melakukan penataan pasar,” ucapnya (*)

Rekomendasi Berita