oleh

Oknum Petugas DLH Diduga Cemari Sungai Mesat

LINGGAU POS ONLINE – Oknum Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lubuklinggau menjadi sorotan warga RT 9 Kelurahan Cereme Taba.

Pasalnya petugas pengangkut sampah inisial MN yang juga sebagai pengepul barang bekas itu kerap membuang sebagian sampah ke aliran Sungai Mesat.

Ketua RT 9, Rif’at Achmad membenarkan adanya kondisi tersebut. Ia pernah menegur MN, namun pada saat ditegur, MN hanya mengiyakan tanpa tindakan.

“Bermula dari laporan warga yang geram dengan bau tak sedap ketika melintas di Jalan Karya II RT 9 Kelurahan Cereme Taba Kecamatan Lubuklinggau Timur II. Saat diperiksa, ternyata sampah tersebut sudah menggunung,” jelas Rif’at, Kamis (15/8).

Rif’at langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Lurah dan Camat untuk menegur agar menghentikan kegiatan penumpukan sampah plastik di pinggir Sungai Mesat tersebut, namun tetap MN tidak diindahkan.

Bahkan Ketua RT meminta kepada Tim dari Pemkot Lubuklinggau untuk turun langsung memberikan teguran dan sanksi tegas jika masih melakukan aktivitas mengumpulkan sampah kotor dan plastiknya dibuang di pinggir Sungai Mesat tersebut.

Ari Rohidun, tetangga MN mengatakan sampah di tepian Sungai Mesat itu meresahkan.

“Saya ini bertetangga tidak elok buang sampah bekas pengepul. Dari mana-mana oknum tersebut dibuang ke pinggir Sungai Mesat. Kami khawatir nanti longsor terbawa air hujan. Saya sudah menyampaikan hal tersebut, akan tetapi nampaknya diabaikan saja,” terangnya

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lubuklinggau, Subandio Amin menginformasikan, bahwa oknum tersebut telah dipanggil dan diberi teguran untuk tidak mengulanginya kembali, karena dapat berdampak mencemari lingkungan.

“Oknum tersebut sudah dipanggil. Bahkan dari pengakuannya, sudah dua bulan tidak lagi melakukan pembuangan sampah ke aliran sungai. Bahkan MN sudah membuat pernyataan agar tidak mengulangi lagi,” terang Subandio.

Tempat pengepulan sampah yang di bagian belakangnya dituding mencemari Sungai Mesat di Kelurahan Cereme Taba. (FOTO ISTIMEWA)

Sementara Lurah Cereme, Zulian mengatakan, timnya akan langsung meninjau lokasi. Ia berjanji akan menegur MN.

“Kebetulan saya lurah baru, namun dengan adanya informasi ini, saya akan tinjau ke lapangan terlebih dahulu. Saya akan minta MN untuk membersihkan sampah tersebut,” imbuh Zulian. (yan)

 

Rekomendasi Berita