oleh

Petugas Disdukcapil Jemput Bola Perekaman KTP-El

LINGGAU POS ONLINE- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas (Mura) melakukan jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) di Desa Y Ngadirejo, Kecamatan Tugumulyo, Rabu (4/12).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Mura, Y Mori didampingi Kabid Kependudukan, Darwin menjelaskan pelayanan yang dilakukan mendukung program Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2019. Dengan harapan, ketika ada masyarakat setempat atau yang mengikuti acara bisa melakukan perekaman KTP-El.

“Pelayanan perekaman bukan hanya untuk yang berdomisili di Desa Y Ngadirejo, tapi untuk seluruh masyarakat yang belum melakukan perekaman,” katanya.

Darwin menjelaskan, pelayanan jemput bola dilakukan secara mobile, dengan mendatangi kecamatan hingga desa/kelurahan, yang warganya diperkirakan masih banyak belum melakukan perekaman atau KTP-El. “Sudah setiap kecamatan kita datangi, termasuk sekolah hingga event tingkat kabupaten,” ujarnya.

Bahkan, ketika diminta untuk datang oleh pemerintah kecamatan hingga desa dan kelurahan, petugas beserta mobil pelayanan akan mendatangi lokasi yang diminta. Namun, permintaan harus sesuai dengan jumlah warga yang akan direkam, selain menyesuaikan dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Misalnya, ketika ada event tingkat kabupaten di wilayah Kecamatan Tugumulyo, hendaknya masyarakat di wilayah seputaran Kecamatan Tumulyo yang akan melakukan perekaman mendatangi lokasi acara, bila memungkinkan,” jelasnya.

Berkat pelayanan mobile ini, per 28 November 2019 jumlah masyarakat yang sudah melakukan perekaman sejumlah 277.141 jiwa dari 284.914 jiwa yang wajib KTP-El, dengan persentase 97,27 persen. Sebab, yang belum melakukan perekaman hanya 7.773 jiwa.

“Kedepan akan kita tingkatkan lagi,”tuturnya.

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita