oleh

Padamkan Kobaran Api, Petugas Damkar Terluka

Saat Padamkan Api

LINGGAU POS ONLINE, BATU URIP TABA – Nasib naas dialami oleh Amrullah Damiri (23), salah seorang petugas Damkar dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penanggulangan Bencana Kota Lubuklinggau. Saat berusaha memadamkan api di salah seorang rumah warga di Kelurahan Batu Urip Taba, Kecamatan Lubuklinggau Timur, ia mengalami luka ringan.

Selesai memadamkan api, Amrullah segera dilarikan ke Rumah Sakit Siti Aisyah (RSSA), untuk mendapat pengobatan.

Usai mendapatkan pengobatan di RSSA, Amrullah menceritakan kronologis kejadian yang menyebabkan dirinya mengalami luka ringan. Ia mengaku ingin mengangkat seng rumah korban untuk bisa memadamkan api, namun niat baiknya itu harus dibayar dengan luka.

“Saat itu dengan tidak sengaja, teman saya yang di belakang menarik seng tersebut. Seng tersebut akhirnya mengenai tangan kanan saya,” ungkapnya.

Sementara itu Komandan Pos (Danpos) Petugas Damkar wilayah Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Didik Rahayu saat dimintai tanggapan menegaskan kalau pihaknya sudah sering memperhatikan standar keselamatan untuk petugas mereka saat bertugas.

“Kejadian seperti ini, baru kali pertama terjadi. Dengan adanya petugas kita yang terluka saat memadamkan api, maka insiden ini akan menjadi bahan evaluasi kami agar kedepannya, lebih memperhatikan standar keselamatan petugas,” ungkap Didik.

Ia menegaskan, semua biaya pengobatan ditanggung pemerintah.

“Karena petugas terluka, saat menjalankan tugas. Beruntungnya tidak harus dirawat inap. Selama masa pemulihan, Amrullah diizinkan untuk istirahat di rumah,” tegasnya.

Kemarin, diakuinya, kalau petugas mereka untuk memadamkan api harus mengerahkan enam mobil Damkar.

“Pukul 13.30 WIB api bisa kita dipadamkan. Selain ada petugas kita yang terluka, dalam proses untuk memadamkan api kemarin, petugas kita juga sempat menuai kendala. Pusat kobaran api berada di pinggir jalan besar, karena padat penduduk dan antrean mobil juga panjang mobil sulit menjangkau TKP dengan cepat,” jelasnya. (CW02)

Komentar

Rekomendasi Berita