oleh

Peternak Tak Khawatir Serangan Jembrana

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Slamet (54), salah satu peternak khusus Sapi Bali di Desa Air Meles Bawah Kecamatan Curup Timur mengaku tak khawatir ternaknya diserang virus Jembrana. Padahal virus ini menyerang khusus sapi jenis Sapi Bali.

“Kalau saya tidak khawatir, karena sapi yang saya pelihara indukan lama dan tidak terkontaminasi dengan sapi jenis Bali di pasaran,”tutur Slamet saat ditemui di lokasi kandang ternak sapinya Selasa (1/4).

Diakui Slamet, memang ada kalangan peternak Sapi Bali yang khawatir dengan serangan virus Jembrana terutama mereka yang mengambil indukan Sapi Bali dari luar daerah.

“Memang ada yang khawatir Sapi Balinya terserang Jembrana, kebanyakan mereka yang khawatir saat mengambil indukan Sapi Bali dari luar daerah,”akunya.

Sementara itu, Indukan Sapi Bali yang menjadi indukan milik Slamet didapat sejak lama da belum terkontaminasi dengan Sapi Bali di pasaran, sehingga kemungkinan kecil terserang virus Jembrana.

Selain tidak terkontaminasi dengan Sapi Bali lainnya di pasaran, Slamet juga mengaku proses pemeliharaan Sapi Bali juga dijaga mulai dari kebersihan kandang hingga makanan serta memberikan vitamin dan vaksin.

“Ternak sapi kita memang ternak khusus Sapi Bali dan sudah lama kami mengelolanya. Alhamdulillah sampai sekarang tidak terserang virus Jembrana,”ungkapnya. Ternak Sapi Bali yang Ia pelihara sendiri, tambahnya, kurang lebih mencapai 22 ekor indukan berikut anak.

Untuk diketahui, virus Jembrana yang menyerang sapi jenis Bali sangat mudah menular sesama Sapi Bali. Di Rejang Lebong pada tahun 2017 lalu sudah ada sejumlah ternak Sapi Bali yang terserang hingga menyebabkan belasan Sapi Bali mati. (09)

Rekomendasi Berita