oleh

Peternak dan Pedagang Hewan Kurban Harus Waspada

LINGGAU POS ONLINE, DEMPO – Para peternak maupun pedagang hewan kurban diingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap tindak kejahatan. Kalau tidak, bisa saja hewan kurban, seperti sapi, kambing atau domba miliknya hilang, menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah.

Demikian imbauan Kapolres Lubuklinggau AKBP Sunandar, untuk peternak maupun pedagang hewan kurban di wilayah Kota Lubuklinggau dan sekitarnya. Imbauan itu disampaikan Kapolres Lubuklinggau kepada wartawan, Jumat(10/8).

“Sekarang ini banyak yang butuh hewan kurban, seperti sapi, kambing dan domba. Untuk itu diimbau kepada peternak maupun pedagang agar lebih meningkatkan pengawasan hewan ternak miliknya, terutama pada malam hari. Dengan demikian kesempatan para pelaku tidak kejahatan tidak bisa melakukan aksinya,” kata Sunandar, perwira polisi dengan dua melati tersebut.

Menurut Sunandar, untuk menjamin rasa aman dan kenyamanan di masyarakat, ia telah memerintahkan jajarannya untuk menggiatkan patroli dan razia rutin pada malam hari. Tujuannya, untuk menekan terjadinya tindak kriminal yang bisa kapan saja terjadi dan membahayakan masyarakat, khususnya masyarakat Kota Lubuklinggau.

“Kita minta mulai dari tingkat Bintara Pembina dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), untuk melakukan patroli dan mengadakan razia,” kata Sunandar.

Kegiatan razia itu, menurut Sunandar, dapat dilakukan setiap malam, supaya dapat menekan tingkat kriminal. Mudah-mudahan Kota Lubuklinggau aman dari pencurian hewan kurban.

Ditambahkannya, untuk para pelaku kejahatan yang sudah melakukan tindak kejahatan lebih dari tiga kali, maka akan ditindak tegas, sampai dengan penindakan penembakan. Tetapi tindakan itu sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

“Untuk para tersangka pelaku kejahatan dengan Laporan Polisi (LP) lebih dari tiga kali, maka halal kedua kakinya untuk dilubangi. Ini perintah Bapak Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain,” tegasnya.(Mg-01)

Rekomendasi Berita