oleh

Petakan Komoditas Unggulan

EMPAT LAWANG – Sektor pertanian masuk dalam salah satu prioritas Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhamad. Sehingga hal ini jadi program yang sangat dinanti oleh masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Hamdan mengatakan saat ini Pemkab Empat Lawang baru mulai menyiapkan pemetaan mengenai komoditas pertanian unggulan.

“Karena perlu ada pengkajian, mungkin tidak terlalu jauh dengan tanaman yang digalakkan oleh petani saat ini,” jelas Hamdan saat dibincangi, Rabu (6/2).

Dikatakan Hamdan pihaknya nanti akan menyosialisasi ke masyarakat, hasil pemetaan produk unggulan pertanian tersebut. Sesuai dengan kajian pihak konsultan yang terdiri dari para ahli pertanian.

Ia mencontohkan seperti di Desa Gunung Raksa, Kecamatan Pendopo, sejak puluhan tahun lalu warganya bertanam Buah Manggis. Hal ini potensial untuk dikembangkan. Bukan hanya jumlah produksinya, namun juga pengembangan varietasnya.

Selain itu, di Kecamatan Muara Pinang dikenal penghasil jagung. Selain itu di Kecamatan Tebing Tinggi dikenal sebagai penghasil buah duku dan durian.

“Selain menguatkan produktivitas pertanian, nanti juga akan dilakukan pengenalan ke luar daerah,” imbuhnya.

Bahkan, kata Hamdan, Bupati membentuk Program Pengembangan Pembangunan Pertanian Terpadu. Didukung dengan pendidikan khusus yang dihandel oleh ahli pertanian.
(key/lik)

Rekomendasi Berita