oleh

Petahana Wajib Mewaspadai Calon Lawan

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLIGGAU – Tokoh pemuda Kota Lubuklinggau, Prasetyo Nugraha mengatakan peta politik di Lubuklinggau kian memanas pasca terbitnya Surat Keputusan (SK) dari pengurus pusat Partai Politik (Parpol) terkait dengan penetapan Pasangan Calon (Paslon) yang akan bertarung dalam gelanggang Pilkada Kota Lubuklinggau 2018.

Seperti H Rustam Effendi dan Riezky Aprilia yang telah ditetapkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai calon Walikota dan calon Wakil Walikota Lubuklinggau.

Disamping itu, pasangan petahana H SN Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohar yang dalam hingga sepekan ini telah memperoleh dukungan dari Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Hanura dan Partai Amanat Nasional.

Artinya, untuk saat ini dipastikan akan ada dua Paslon yang akan maju lewat Parpol, serta satu lewat jalur perseorangan. Hal ini, diketahui dari baliho, spanduk maupun posko yang sudah dimiliki oleh masing-masing Paslon.

Mengenai peluang, dilanjutkan Prasetyo semua bakal Paslon memiliki hal yang sama, sebab Pilkada masih panjang, dan memang genderang perang belum ditabuhkan, last minute-pun masih banyak bisa diubah, cukup waktu untuk memperbaikinya.

“Siklus politik adalah bagian dari hukum alam, seperti gravitasi. Bahkan cukup beralasan untuk berkata bahwa semakin lama terjebak dalam delusi, semakin destruktif pula dampaknya jika pada akhirnya itu terjadi,” kata Prasetyo, Rabu (8/11).

Dilanjutkannya, dalam konteks pertahana di Lubuklinggau, melalui pendekatan The Survival Politics, perbaikan harus dimulai dalam menjaga konsistensi winning coalition. Jika Tidak, bermunculannya wajah-wajah bersahaja dan fresh pada kontestasi politik 2018 mendatang, dapat membuat petahana diambang kekalahan.

“walaupun, setiap menjelang Pilkada posisi calon petahana selalu di atas angin. Tapi, akibat kesalahan kecil dapat menumbangkan petahana, dan itu sudah terjadi di beberapa Pilkada sebelumnya,” jelasnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita