oleh

Peserta OSN dan O2SN Diminta Serius

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau, H Tamri didampingi Sekretaris, DR H Rudi Erwandi dan Kabid Pembina Dikdas, DR Virry Grinitha, membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat SD dan SMP, Sabtu (24/3).

Acara yang terpusat di SMP Negeri 2 Lubuklinggau itu melibatkan ratusan pelajar SD dan SMP negeri maupun swasta se-Kota Lubuklinggau.

H Tamri menargetkan siswa siswi SD dan SMP dari Lubuklinggau diharapkan bisa sukses juara Nasional.

“Tahun 2017 lalu, siswa SD dan SMP ada yang mewakili Sumsel untuk ikut O2SN, OSN maupun FLS2N tingkat Nasional. Sekalipun tahun lalu belum juara, setidaknya mereka sudah tahu strateginya. Sehingga, untuk sukses meraih Juara Nasional Tahun 2018 mereka melakukan persiapan lebih maksimal lagi,” jelasnya.

H Tamri juga berpesan, peserta O2SN maupun OSN diminta lebih serius. Terutama yang akan maju ke tingkat Provinsi Sumsel.

“Kalau serius, saya yakin juara. Gelar juara itu hasil saja. Yang utama, dari awal persiapan, kegiatan sampai prosesnya fokus,” pinta Kadisdikbud.

Selain jajaran Kepala SD dan SMP, acara ini juga dihadiri Kabid PTK Rusli, dan Kasi PTK Kota Lubuklinggau, Tabrani.

Ketua Penyelenggara yang juga Kasi Kesiswaan, Rustam menjelaskan, untuk OSN, diikuti setiap SD dan SMP negeri maupun swasta di Kota Lubuklinggau. Setiap gugus SD dan satuan pendidikan SMP mengirim tiga murid untuk bertanding dalam Mata Pelajaran IPA, IPS dan Matematika.

“Untuk SD dibagi per gugus. Untuk Lubuklinggau terdiri dari 17 gugus, dan untuk 22 SMP baik swasta maupun negeri yang nantinya akan di pilih menjadi salah satu perwakilan ke OSN tingkat Provinsi Sumsel,” jelasnya.

Untuk O2SN SD, mempertandingkan enam cabang olahraga, yakni atletik, renang, bulu tangkis, silat, karate dan senam. Sedangkan untuk SMP mempertandingkan atletik, renang, bulu tangkis, silat dan karate.

Per cabang olahraga, akan dipilih tiga terbaik putra dan putri (Juara I, 2 dan 3) untuk mewakili Kota Lubuklinggau ke Tingkat Sumsel. Pun dengan OSN. (CW01)

Rekomendasi Berita