oleh

Perusahaan Laksanakan CSR Akan Diberi Reward

Diberikan Saat Peringatan Hari Jadi Muratara

Dilantiknya pengurus Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sangat direspon positif oleh Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat. Orang nomor satu di Pemkab Muratara itu menjanjikan akan memberikan penghargaan kepada pihak perusahaan yang melaksanakan program CSR ke masyarakat.

Rencana ini dikemukakan oleh Bupati Muratara saat pelantikan pengurus Forum CSR Kabupaten Muratara di Kenanga Restoran, Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (9/5) malam.

“Kita akan memberikan reward bagi perusahaan yang ada di Kabupaten Muratara yang melaksanakan program CSR. Rencananya penghargaan akan kita berikan saat acara peringatan hari jadi Kabupaten Muratara yang akan dihadiri oleh Gubernur Sumsel,” ungkap Syarif Hidayat.

Lebih lanjut Bupati meneruskan, reward ini diberikan untuk mengapresiasi pihak perusahaan yang sudah laksanakan program CSR. Seperti dilaksanakan 12 perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Muratara.

Sekedar diketahui, tahun 2018 ini sejumlah perusahaan lakukan program CSR di Kabupaten Muratara, antara lain PT Lonsum Sumatera, Tbk menyerahkan mobil bus guru dan pelajar, PT Barasentosa Lestari juga memberikan mobil bus guru dan pelajar. Selanjutnya, PT Citra Loka Bumi Bengawan memberi mobil Ambulance, PT Sipef Group berikan mobil Sky Lift, PT Triaryani membantu alat kesehatan sebanyak 25 set, PT Seleraya Merangin Dua memberi mobil Bus Guru dan Pelajar, PT Gorby Putra Utama Group memberikan mobil pemadam kebakaran. Lalu, PT Ina Zafanya Ataya membantu berupa mobil Ambulance, PT Dwinad Nusa Sejahtera laksanakan pembangunan peningkatan jalan sepanjang lebih kurang 9 Km. Dan, Bank Sumsel Babel laksanakan bedah rumah sebanyak 10 unit, Bank BNI melaksanakan rehab jembatan gantung di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Karang Jaya, dan PT Bumi Mekar Tani memberi mobil bus guru dan pelajar.

Bupati juga menyatakan dengan terbentuknya Forum CSR ini dapat menjadi wadah komunikasi antara Pemkab Muratara dengan pihak perusahaan. Sehingga terjalin kerjasama yang baik. Dan tak hanya itu saja, Bupati juga berpesan pada pihak perusahaan.

“Saya mengingatkan jika ada oknum datang ke perusahaan, jangan dilayani. Silakan pihak perusahaan harus melakukan koordinasi dengan forum CSR. Hubungi pihak perusahaan karena oknum itu tak diperbolehkan mengganggu perusahaan,” ungkap Syarif Hidayat meminta kepada pihak perusahaan apabila ada kegiatan dapat melapor ke forum. Sehingga dapat dilakukan apa saja kegiatan yang mesti didata. Hingga kegiatan diadakan perusahaan memang membantu masyarakat Muratara.

Ketua Forum CSR Kabupaten Muratara, Solihin menilai apa yang direncanakan Bupati Muratara untuk memberikan reward kepada perusahaan itu sebagai apresiasi yang besar terhadap investor yang menanamkan modelnya di Kabupaten Muratara.

“Saya nilai rencana itu sangat bagus sekali. Untuk motivasi pelaku usaha berperan aktif membantu percepatan pembangunan dengan dana CSR, sebab kita ketahui dana pemerintah itu terbatas,” ungkap Solihin.

Ia meneruskan pemberian penghargaan itu sebagai motivasi, baik bagi pelaku usaha maupun forum CSR agar dapat lebih meningkatkan program CSR yang betul dibutuhkan warga.

“Yang lebih terencana terarah, akuntabel dan terukur menjadi targetnya. Juga tidak salah sasaran atau disalahgunakan oknum,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Solihin menegaskan kedepan akan lebih banyak dilibatkan pihak yang berkepentingan lainnya. Hingga program CSR dapat menjadi lebih variatif. (08)

Rekomendasi Berita