oleh

Persiapan Logistik Mencapai 90%

LUBUKLINGGAU – Persiapan logistik pemilu yang akan digunakan 17 April 2019 mendatang, sudah mencapai 90 persen. Karena, beberapa bahan yang akan digunakan untuk perhelatan akbar tersebut telah tiba di Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau. Seperti bilik suara, termasuk beberapa form, yang belum hanya beberapa formulir dan surat suara.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Topandri mengatakan bahwa seluruh logistik sudah siap, tinggal surat suara lagi yang diperkirakan akan tiba ke Kota Lubuklinggau, Maret 2019.

“Karena kita daerah ujung, maka kloter terakhir diperkirakan surat suara tersebut akan tiba akhir Maret 2019,” kata Topandri, Kamis (7/2).

Adapun logistik yang sudah ada di gudang KPU Kota Lubuklinggau, kotak suara, bilik suara, segel, tinta, sampul, sampul CI berhologram, sampul C berhologram, C2 dan C5, sampul salinan model C ke PPS, sampul salinan model C ke KPU Kabupaten/Kota, sampul C I ke PPS, sampul C 1 ke KPU Kabupaten/Kota. Kemudian, sampul formulir DA, sampul kubus, sampul formulir DAA, sampul anak kunci dan alat perlengkapan di TPS sudah di-pack dan siap dimasukkan dalam kotak suara.

Menurut Topan, bila ada kekurangan maka pihaknya segera berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengenai kekurangannya.

Hal sama disampaikan Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura), Anasta Tias. Ia mengatakan kesiapan logistik pemilu 2019 telah mencapai 90 persen.

Bahkan, perakitan kotak suara yang merek lakukan sudah mencapai 70 persen, diprediksi akan selesai dalam beberapa hari kedepan.

“Semuanya sudah hampir rampung, tinggal yang belum klop 51 kotak suara dan beberapa formulir-formulir, serta surat suara,” kata Anasta Tias.

Menurut Anas, kekurangan dari beberapa logistik tersebut akan tercukupi sebelum dilakukannya proses pendistribusian logistik dari KPU Kabupaten Mura ke PPK.

“Insya Allah semuanya akan selesai sebelum dilakukannya proses pendistribusian logistik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Agus Maryanto juga mengatakan kalau logistik pemilu yang akan digunakan di Kabupaten Muratara telah mencapai 90 persen. Tinggal, menunggu pengadaan surat suara serta beberapa logistik lainnya. (aku)

Rekomendasi Berita