oleh

Perpustakaan Digital SMKN 2 Berstandar Nasional

LINGGAU POS ONLINE, LUBUK AMAN – Tandang ke SMK Negeri 2 Lubuklinggau, akan dijumpai dua bangunan baru. Pertama yang telah tuntas pengerjaannya adalah ruang praktik siswa tata busana. Bangunan seluas 10×12 meter itu dibangun awal September lalu. Dan Januari 2018 mendatang, bakal ditempati.

Sementara untuk bangunan yang sedang proses pengerjaan, yakni Perpustakaan Digital.

“Kalau Perpustakaan Digital ini agak cepat tenggat waktu pengerjaannya. Maksimal 65 hari. Sudah dimulai akhir Oktober 2017 lalu. Dan ini dibangun satu lantai, dengan desain mirip seperti sebuah buku yang sedang dibuka,” jelas Kepala SMK Negeri 2 Lubuklinggau, Eriani sembari menunjukkan desain Perpustakaan SMK Negeri 2 Lubuklinggau.

Menurut Eriani, sejak berdiri tahun 80-an, SMK Negeri 2 Lubuklinggau memang belum pernah memiliki perpustakaan yang representatif.

“Sebelumnya kita sudah empat kali pindah-pindah tempat. Dari satu lokal ke lokal yang lain. Alhamdulillah, dengan perjuangan yang luar biasa, didukung teman-teman akhirnya kita dibantu pembangunan satu unit perpustakaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal SMK,” jelas ibu yang memimpin SMK Negeri 2 Lubuklinggau sejak Januari 2012 itu.

Eriani memastikan, keberadaan perpustakaan berstandar Nasional ini akan menambah baik layanan pendidikan di sekolah yang sudah terakreditasi A sejak akhir 2016 ini.

“Kami sangat bersyukur, dari puluhan SMK di Provinsi Sumsel ini hanya enam yang mendapat bantuan dari Dirjend SMK. Salah satunya SMK Negeri 2 Lubuklinggau. Dengan adanya perpustakaan ini, kami berharap bisa memberikan semangat bagi peserta didik untuk menggali ilmu dari sisi bacaan. Di dalam nanti, tidak hanya tersedia buku. Namun ada pojok baca, rak buku, ruang ber-AC dan meja sirkulasi. Layaknya perpustakaan berstandar Nasional,” jelasnya.

Dengan begitu, ia berharap hal ini bisa jadi penumbuh kepercayadirian SMK Negeri 2 Lubuklinggau untuk mengikuti Lomba Perpustakaan Terbaik. Sebab, kata Eriani, selama ini SMK Negeri 2 Lubuklinggau kerap tak ikut seleksi pemilihan perpustakaan terbaik. Karena menyadari situasi yang terjadi.

“Syukur Alhamdulillah. Insya Allah nanti makin semangat untuk ikut Perpustakaan Terbaik. Harapan kami bukan dari sisi bangunannya saja yang bagus. Nanti pengelolaannya juga harus inovatif. Agar siswa selalu ingin datang ke perpustakaan,” jelas Eriani.

Dengan pesatnya kemajuan infrastruktur maupun kualitas mutu SMK Negeri 2 Lubuklinggau, ternyata juga meningkatkan kepercayaan publik terhadap sekolah yang terletak di Jalan Garuda, Kelurahan Lubuk Aman, Kecamatan Lubuklinggau Barat I ini.

Bahkan, kini sekolah yang telah memiliki hotel juga dinning room itu memiliki 1.053 siswa. Yang menimba ilmu di tiga jurusan yang telah terakreditasi A. Yakni Jurusan Tata Boga, Jurusan Tata Busana dan Jurusan Akomodasi Perhotelan.

Eriani bersyukur atas pencapaian itu. Ia berharap, dengan ilmu dan praktik yang diberikan selama di SMK Negeri 2 Lubuklinggau, alumni bisa berdaya saing. Juga memanfaatkan dengan baik seluruh keterampilannya ketika terjun di dunia kerja.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita