oleh

Perpres Ditandatangani, Sah Jadi IAIN

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Wakil Ketua I STAIN Curup, Hendra Harmi menjelaskan proses Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup menunggu penandatanganan Perpres dari Presiden RI.

“Kalau Kepres sudah ditandatangani sudah sah per tanggal ditandatangani dan secara otomatis berlaku,” kata Hendra ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/3).

Hendra menyatakan pada Kamis lalu, Ketua STAIN Curup, Rahmad Hidayat, masih mengurus tentang Perpres terakhir yang akan diparaf Kemenpan dan Jumat telah selesai diparaf lalu dibawa ke Sesneg.

“Setelah diserahkan ke Sesneg kita nunggu. Mungkin hari ini (Kemarin, red) masuk ke meja Presiden,” katanya.

Ia juga memaparkan bahan berkenaan dengan Perpres tersebut, karena salinan ada tiga yang harus diparaf pihaknya menunggu kabar proses selanjutnya.

“Nanti kalau sudah selesai semua untuk proses pelantikan sendiri merupakan kewenangan pak menteri,” jelasnya.

Dibagian lain, soal proses penerimaan mahasiswa baru yang saat ini sudah mulai dilakukan, menurutnya tidak ada kendala sepanjang belum berubah.

“Perubahan nanti dilakukan bertahap, termasuk penentuan perangkat. Dan sistem berubah secara nasional,” paparnya.

“Sekarang untuk tahap pertama penerimaan sudah ada pendaftar sekitar 1.113 orang mahasiswa baru, terbanyak di Rejang Lebong, Kepahiang, Lebong, untuk Sumsel dari Musi Rawas, Lubuklinggau, OKU Timur, OKU Selatan termasuk dari Jambi dan kota lain”jelasnya.

Target penerimaan mahasiswa baru sendiri, tambahnya, sebanyak 1.050 mahasiswa baru.

“Kalau yang sudah mendaftar 1.113 berasal dari sekitar 13 daerah, baik Bengkulu, Sumsel dan kota lain,” tutupnya. (09)

Rekomendasi Berita