oleh

Permudah Siswa Belajar Matematika

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Matematika masih jadi pelajaran menakutkan bagi sebagian siswa. Hal ini tak bisa dipungkiri, mengingat tak jarang teknis menularkan ilmu matematika terkesan horor dan monoton. Mencegah paradigma ini terus berkembang, ratusan guru SD se-Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dilibatkan sebagai peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Mata Pelajaran Matematika bersama Master Matematika Indonesia, Maskur, Senin (5/1).

Diklat berlangsung di Aula SMA Negeri Surulangun ini dibuka Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Barbara Desbi Shinta. Menurut Barbara, Diklat ini sebagai upaya membumikan matematika, dengan memberikan pelatihan metode yang mudah dalam mengajar Matematika. Efeknya, mempermudah siswa memahaminya.
Master Matematika Indonesia, Maskur mengatakan program Diklat ini tidak hanya sekali ini saja, tapi akan terus berkelanjutan. Nanti ada konsultasi secara online, baik melalui WhatsApp maupun Facebook. Agar guru bisa bertanya langsung mengenai cara menyenangkan mengajarkan Matematika.

“Kebanyakan peserta didik kurang menyukai matematika karena sangat sulit. Maka kita berharap dengan Diklat ini anak menyukai pelajaran dengan metode dan penjelasan yang mudah,” terangnya.

Diklat ini juga dilakukan sebagai persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) April 2018 mendatang, agar lebih mudah memahami soal-soal Matematika.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan, pada saat guru menerangkan Matematika nanti peserta didik senang dan mudah mengerti,” harapnya.

Kepala SD Negeri 2 Muara Rupit, Jamila mengatakan Diklat seperti ini sangat cocok untuk diterapkan. Sebab hal ini menjadi mempermudah bagi dirinya sebagai guru dalam menjelaskan mata pelajaran matematika kepada para siswa.

Terpisah, seorang guru SDN Sungai Kijang, Gunawan mengatakan program ini sepertinya harus dilakukan secara terus menerus, dan juga harus didukung Pemkab Muratara. Sebab hal ini sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Muratara.

“Ini menjadi ilmu bagi kami dalam mengajar matematika, agar peserta didik bisa dengan mudah memahaminya pelajaran yang kami sampaikan,” kata Gunawan.(07)

Komentar

Rekomendasi Berita