oleh

Permintaan Darah Mencapai 400 Kantong Per Bulan

PMI Gencar Lakukan Sosialisasi

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lubuklinggau, setiap bulannya harus menyetok 400 kantong darah. Stok ini dilakukan, untuk memenuhi permintaan kebutuhan darah, dari beberapa rumah sakit. Hal ini ditegaskan oleh Administrasi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lubuklinggau, Bunyamin, Kamis (23/11).

400 kantong tersebut, dijelaskan Bunyamin, harus mereka penuhi untuk semua golongan. Baik itu golongan darah O, A, AB dan B.

“Stok tersebut, sesuai dengan permintaan atau kebutuhan pasien untuk kondisi normal. Karena kadang-kadang, jumlah kebutuhan meningkat,” ungkapnya.

Ditambahkan Bunyamin, untuk memenuhi kebutuhan tersebut PMI melakukan berbagai cara. Salah satunya menggandeng sekolah tinggi, perusahaan swasta, serta gencar melakukan sosialisasi.

“Kalau kondisinya tidak mendukung dan darurat, kita gunakan pendonor dari keluarga. Itu artinya stok tidak ada, maka kita cari dari keluarga dengan golongan darah yang sama,” jelasnya.

Hingga saat ini stok darah di PMI Kota Lubuklinggau sebanyak 38 kantong, diantaranya untuk golongan darah A 11 kantong, golongan darah B sebanyak 16 kantong, O 3 kantong, dan golongan darah AB 8 kantong.

PMI Kota Lubuklinggau menyuplai darah ke Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Muratara, dan Kabupaten Empat Lawang.

“Kalau situasi darurat, dan stok kosong kami akan menelepon pendonor aktif. karena kami memiliki identitas dan nomor telepon mereka,” tambahnya. (CW01)

Komentar

Rekomendasi Berita