oleh

Permasalahan Tapal Batas Desa Dilanjutkan

MUSI RAWAS – Hingga 2019 ini Tata Pemerintahan (Tapem) Kabupaten Musi Rawas (Mura) belum bisa menyelesaikan dua masalah tapal batas desa. Dua tapal batas desa itu, Desa Sungai Pinang dengan Desa Semagus Baru Kecamatan Muara Lakitan, dan Desa Kota Baru dengan Desa Raksa Budi Kecamatan Bulang Tengah Suku (BTS) Ulu.

Menanggapi hal itu, Kabag Tapem Mura, Risman melalui Kasubag Administrasi Kewilayahan, Bambang Irawan mengatakan tapal batas Desa Kota Baru dengan Desa Raksa Budi sudah pernah rapat satu kali.

Sementara untuk Desa Semangus dengan Desa Sungai Pinang, prosesnya sudah ada titik arah penyelesaian. Cuma terkendala pertimbangan teknis lebih detail, karena dua permohonan mediasi penyelesaian tapal batas desa itu belum selesai pada tahun 2018,  maka penyelesaiannya akan dilanjutkan tahun 2019 ini.

Khusus Desa Sungai Pinang dengan Semangus, sudah mau selesai tinggal menunggu pertimbangan teknisnya lagi. Sedangkan Raksa Budi dengan Kota Baru akan diadakan rapat kembali. Penyelesaian tapal batas desa secara mediasi (musyawarah) mufakat sesuai dengan aturan Permendagri, No.45 Tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan Batas Desa.

“Kita mengimbau kepada desa, yang mempunyai masalah batas desa belum ditangani tahun 2018, untuk mengajukan surat permohonan fasilitasi ke  Pemda,” kata Bambang Irawan. (dlt)

Rekomendasi Berita